JA.com, Pasaman Barat (Pasbar) Sumatera Barat  - Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Barat Risnawanto menghadiri penutupan Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis (8/7) di Pantai Gondoriah Kota Pariaman. Dalam kesempatan tersebut Kabupaten Pasbar menduduki juara tiga lomba pengolahan sampah dan juara dua lomba Hatinya PKK.

Selain itu, juga ada juara dari kegiatan outbond yang digelar pada Rabu (6/7) sore yang diikuti oleh Ketua TP PKK Pasbar Titi Hamsuardi dan Wakil Ketua Fitri Risnawanto tentang ketangkasan menyusun minuman kemasan gelas.

Pada Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021 ini diikuti oleh 16 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Barat. Dua daerah lainnya tidak mengikuti, karena anggaran rekofusing, yaitu Payakumbuh dan Mentawai, sedangkan satu daerah tidak mengikuti yaitu kota Bukittinggi karena ada dari kader PKK yang positif Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa lomba yang diadakan, antara lain lomba parade yel-yel, lomba tertib administrasi, lomba pola mengasuh anak seribu pertama kelahiran, lomba UP2K, lomba mengolah sampah, lomba membuat vlog. Ada juga kegiatan outbond dan lomba memakai atribut olahraga.

Kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Sumbar tersebut diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta yang tidak memiliki hasil swab antigen tidak diizinkan untuk mengikuti lomba.

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat Ny Harneli Mahyeldi,  mengatakan bahwa pemenang sesungguhnya adalah yang mengikuti lomba dengan penuh semangat, karena kader yang hadir di Kota Pariaman merupakan kader terbaik yang dikirim oleh kabupaten kota masing-masing.

"Selamat untuk pemenang pada lomba kali ini, bagi yang kalah jangan berkecil hati karena pemenang sesungguhnya adalah semangat kader-kader yang tidak pernah surut. Karena tahun depan kita harus lebih semangat mengikuti Jambore Kader PKK berprestasi tingkat sumbar di Kabupaten Agam. 

Jika tidak menang hari ini masih ada lomba berikutnya yang harus kita ikuti dengan penuh semangat. Pemenang sesungguhnya adalah kebersamaan kita selama tiga hari di Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Pariaman ini,"ujar Harneli Mahyeldi.

Menyikapi prestasi yang diraih oleh Kader PKK Kabupaten Pasaman Barat pada ajang Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Propinsi Sumatera Barat, Wakil Bupati Pasbar Risnawanto berkunjung ke Kota Pariaman dalam rangka penutupan jambore tersebut pada kamis siang (8/7). 

Ia mengapresiasi apa yang telah diraih oleh kader PKK Kabupaten Pasbar pada ajang tersebut. Dua buah piala itu sudah berhasil membawa nama Pasbar ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kehadiran PKK dengan 10 program pokoknya telah banyak membantu pemerintah. Jadi apa yang diraih oleh PKK saat ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kita semua. Karena telah berhasil mengharumkan nama Kabupaten Pasbar di tingkat Provinsi Sumbar,"kata Risnawanto.

Namun kader PKK, Lanjutnya, harus tetap semangat, jangan berpuasa diri dan apa yang diraih pada hari ini harus bisa ditingkatkan ke depannya.

"Kami Pemda tetap mendukung penuh program PKK demi kemajuan Kabupaten Pasbar,"jelas Risnawanto.

Ketua TP PKK Pasbar Titi Hamsuardi didampingi oleh Wakil Ketua PKK Fitri Risnawanto mengucapkan terima kasih kepada kader- kader terbaik Kabupaten Pasbar yang telah menampilkan yang terbaik di ajang jambore kader PKK berprestasi tingkat Provinsi Sumbar.

"Ucapan terima kasih tak terhingga kepada kader PKK yang telah berjuang selama ini mulai dari latihan hingga mengikuti lomba di Kota Pariaman dengan penuh semangat. Hasilnya hari ini kita memperoleh dua piala dan beberapa hadiah menarik lainnya untuk semua kader PKK kabupaten Pasaman Barat,"kata Titi Hamsuardi.

Ia berharap ke depan kader-kader PKK kabupaten Pasbar terus memberikan kontribusi positif untuk pembangunan Kabupaten Pasaman Barat. Apa yang diperoleh pada hari ini semoga bisa ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

"Mari kita selalu bergandengan tangan, kompak dan penuh semangat dalam menjalankan program-program PKK yang telah kita susun,"kata Titi Hamsuardi.


* Ali/ Softan H *


 
Top