Jika kita melongok sekarang ini, ke komplek Sekolah Dasar Negeri Tan Malaka Padang tepatnya SDN 33 Sawahan yang ada dilingkungan itu di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Dan akan terlihat seorang sosok guru yang ramah dengan tutur sapanya terhadap orang yang sedang bertemu juga akrab dengan murid-muridnya.

Eni Suryani yang akrab di panggil dengan sebutan En atau buk En yang lebih dikenal oleh murid dan wali muridnya, selalu mengutamakan ke profesionalan dalam bekerja, khususnya mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar..

Sebagai profesi guru yang ditekuninya ini, bukan ilmu mengajar saja yang diajarkan pada anak-anak murid nya, tapi pendekatan dan kehangatan dirinya juga di jalin pada murid-murid kelas V (lima) di SD tersebut dan tak lupa dengan murid lainnya.

 “Menjadi seorang guru tidaklah mudah, karena guru bukan sekedar mengajar saja, tapi kita sebagai pendidik anak-anak, guru juga harus ada pendekatan dengan anak didiknya, sehingga terjalin komunikasi yang bagus terhadap murid.” Tutur guru yang mempunyai dua orang buah hati ini.

Tambahnya lagi, dengan adanya komunikasi yang baik, murid-murid pun tidak enggan untuk mengungkapkan persoalan atau masalah yang mereka alami, baik persolan dalam belajar maupun persoalan di luar sekolah. Dan tutur bahasa untuk komunikasi yang baik kita jalin harus berawal dari kita sebagai guru,sehingga murid-murid akan memahami.” katanya senyum.

Dengan bekal ilmu Sarjana Pendidikan (S.Pd) yang disandangnya itu, tidak cukup untuk menjalani sebagai profesi seorang guru tapi banyak lagi ilmu-ilmu yang harus didapati untuk mencapai ke profesionalan dalam mengajar.

Penghargaan

Usaha keras yang tak kenal lelah dari Eni Suryani selama ini dalam mengembangkan bahasa yang ia gunakan dalam mengajar ternyata membuahkan hasil.hal ini dibuktikannya dalam “Lomba Mengajar dalam Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar bagi Guru SD se Sumatera Barat” tahun 2016 lalu. Eni Suryani berhasil jadi Pemenang III yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, saya diberi pemenang III se sumatera barat untuk lomba mengajar dalam menggunakan bahasa yang baik dan benar. Jika seorang guru memiliki kepiawaian berbahasa yang baik dan benar maka pembelajaran pun akan berjalan dengan baik, anak didik pun akan memahaminya dengan cepat.” jelas Eni.**micke      


 
Top