JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Upacara Pembukaan pelatihan Calon Pasukan Pengibar Bendera atau yang lebih dikenal dengan sebutan Paskibraka Tahun 2024 Kota Payakumbuh telah dilaksanakan di halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh, Kelurahan Koto Kocik Kubu Tapak Rajo, Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Selasa (26/3/2024).

Dalam upacara yang dipimpin langsung oleh Asisten 3 Ifon Satria tersebut diikuti oleh sedikitnya 279 orang calon Paskibraka yang telah mengikuti berbagai tahapan seleksi secara ketat baik fisik, mental maupun akademik.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha dalam keterangannya tertulisnya mengatakan. Paskibraka merupakan salah satu komponen penting dalam peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tugas Paskibraka ini tidaklah mudah. Mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih saat upacara detik-detik proklamasi hingga penurunan bendera di sore harinya tanpa ada keselahan sedikitpun. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan secara intens.

"Ada kebanggaan yang tak ternilai sebagai seorang Paskibraka," kata Letkol Adri

Pihaknya meminta agar setiap peserta mengikuti seluruh rangkaian proses pelatihan ini dengan penuh semangat dan disiplin tinggi.

"Mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia pelatih. Hal tersebut dilakukan untuk meminamilisir tingkat kesalahan saat prosesi pengibaran bendera pada hari H nantinya," ungkap Letkol Adri.

Disamping itu, melalui Paskibraka diharapkan dapat mewujudkan generasi yang beriman, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Sebagai wujud dukungan lanjut Letkol Adri, pihaknya telah menunjuk sejumlah personel baik tingkat Kodim maupun Koramil jajaran yang ditugaskan sebagai pelatih Paskibraka bersama dengan personel dari Polres Payakumbuh, Kesbangpol serta Disparpora Kota Payakumbuh.

"Selamat kepada adik-adik calon Paskibraka. Ikuti pelatihan ini dengan serius dan semangat. Saya yakin dan percaya adik-adik sekalian bisa menunaikan tugas ini dengan baik," demikian Letkol Inf Adri Asmara.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0306/ 50 Kota di wakili Batih Ops Pelda Toheran, Danyon 131 Braja Sakti diwakili Pasi Pers Lettu Inf Sempurna Sitepu, Dandenzipur 2/PS diwakili Lettu Czi Ismet, Kepala Kesbangpol kota Payakumbuh Dipa Surya Persada, Kepala Disparpora Kota Payakumbuh Desmon Corina, S.IP, MM, Kepala Diskominfo Kota Payakumbuh Junaidi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan Sofianro, SKM. M.Si dan Kacabdin Wilayah IV Sumbar. (Flo)
 
Top