JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh bakal segera diisi pejabat defenitif setelah lowong sejak medio September 2018. Rencananya, Selasa, (8/1/2019), pendaftaran calon Sekda kota gelamai ini akan dibuka hingga tanggal 25 Januari mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Payakumbuh, Yasrizal saat rapat Koordinasi dengan Walikota Payakumbuh Riza Palepi bersama pejabat struktural eselon II dan III di lingkungan Pemko setempat di aula balai kota,  Senin (7/1).

"Terhitung 17 Maret 2019 mendatang, masa jabatan Pj. Sekd akan berakhir. Jabatan Pj. Sekda saat ini tidak bisa diperpanjang karena sudah memenuhi batas maksimum jabatan Pj. Sekda selama 6 bulan. Kita berharap menjelang tanggal itu, Kota Payakumbuh sudah memiliki Sekda defenitif," papar Yasrizal di hadapan Walikota Riza Falepi.

Ditambahkan, saat ini panitia seleksi (Pansel) pemilihan Sekda sudah terbentuk. Panitia berjumlah lima orang dan diketua Asisten I Pemprov. Sumbar, Nasir Ahmad.

Sementara Walikota Riza Palepi pada kesempatan tersebut menantang seluruh pejabat Pemko Payakumbuh yang memenuhi syarat pencalonan untuk ikut mendaftar ke Pansel. Sesuai dengan ketentuan, batas maksimal usia pendaftar adalah 56 tahun pada saat dilantik nantinya.

"Silahkan bapak ibu yang memenuhi persyaratan untuk ikut bertarung memperebutkan kursi Sekda Payakumbuh. Kalaupun nanti tidak terpilih, paling tidak sudah punya pengalaman mencoba bertarung," ujar Riza.

Dikatakan, dalam hal pemilihan Sekda tersebut, dirinya akan menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada. Menurutnya, Walikota hanya sebagai pihak yang mengusul tiga nama hasil seleksi tim Pansel, sementara kewenangan memutuskan berada ditangan Gubernur Sumbar.

"Melalui Pansel, kita akan cari tiga terbaik, kalau boleh lebih, misalnya  lima terbaik, maka akan kita usulkan ke Gubernur, nanti Pak Gubernur lah yang memilih siapa Sekda Payakumbuh," ujar Riza.

Riza mengatakan, dirinya tidak khawatir nantinya akan terpilih Sekda yang tidak sesuai keinginannya. Dikatakan, dirinya sepenuhnya yakin Gubernur tahu mana yang terbaik buat Payakumbuh

"Kalau pansel sudah memilih sudah tiga nama, maka bagi saya, ketiganya adalah yang terbaik dan InsyaAllah bisa bekerja sama dengan saya, mengenai siapa yang dipilih gubernur, kita akan terima," ucap Riza. (rel/gun)
 
Top