JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Masyarakat Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab gelar Musrenbang (Musyawarah rencana pembangunan), Kamis (24/1) di Gedung Serbaguna Nagari Kumango.

Musyawarah Rencana Pembangunan tersebut, dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Kabupaten Tanah Datar Zulkifli SR, yang juga sebagai Ketua Tim Pembinaan Musrenbang Kabupaten Tanah Datar beserta stafnya. Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Camat Sungai Tarab, Wali Nagari se Kecamatan Sungai Tarab, KAN, BPRN dan Unsur lainnya di Nagari Kumango.

Ketua Tim II Pembinaan Musrenbang Kabupaten Tanah Datar Zulkifli SR mengatakan, pelaksanaan Musrenbang sebagai langkah tindak lanjut Permendagri RI Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan berdasarkan Peraturan Bupati Tanah Datar Nomor 50 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Musrenbang Daerah.

Hari ini merupakan hari awal pelaksanaan beberapa Musrenbang Nagari di Tanah Datar. Musrenbang Nagari merupakan tahap 1 dari 13 tahap pelaksanaan Musrenbang, dimana muara akhirnya pada langkah 13 adalah pelaksanaan APBD pada Januari tahun 2020 nanti," kata Zulkifli SR Kamis (24/1) di Tanah Datar.

Ia berharap, Musrenbang Nagari mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan di Nagari, sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan dukungan dan ucapan selamat melaksanakan Musrenbang.

"Laksanakanlah Musrenbang dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan di Nagari dan anggota DPRD akan membantu dengan program yang diberi nama dana Pokok Pikiran (Pokir)," kata Anton Yondra yang dikenal akrab dengan semua kalangan ini.

Dikatakan Anton Yondra, yang perlu diketahui adalah dana pokir sebenarnnya bantuan khusus keuangan nagari, yang perencanaannya berasal dari pokok-pokok pikiran DPRD bukan dana langsung yang diberikan kepada masyarakat, namun berupa program pembangunan yang dirancang dan dikelola atas hasil reses atau kunjungan lapangan.

"Anggota DPRD selalu mendukung hasil Musrenbang Nagari, namun tentunya juga harus lewati 13 tahap yang disampaikan ketua tim Musrenbang Kabupaten. Selamat Musrenbang dan semoga hasilkan yang terbaik," simpul Anton Yondra.

Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra mengatakan, Nagari Kumango terdiri dari 2 jorong, dan program pembangunan akan diusahakan bersifat adil untuk dilaksanakan di dua jorong itu tanpa membedakan, namun, tetap mengedepankan skala prioritas.

"Musrenbang merupakan langkah nyata untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas yang ingin dicapai dan dilaksanakan yang berujung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Nagari Kumango," katanya. (MG)
 
Top