JA.com, Pasbar (Sumatera Barat)-- Pemprov Sumbar mengapresiasi HUT Pasbar yang ke-15 tahun ini. Pasalnya, Pasbar dianggab telah mampu membangun daerah dimulai dari pendidikan, kebudayaan serta ekonomi. Dan Selamat Ulang Tahun Pasaman Barat, semoga kado istimewa diusia 15 tahun ini bisa keluar dari kategori daerah tertinggal.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasman Barat (Pasbar) menggelar rapat paripurna istimewa ke I  peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 tahun 2019. Sidang Paripurna DPRD tersebut dimulai pada pukul 10 WIB (Senin. 7/1), dipimpin oleh Ketua DPRD Pasaman Barat Daliyus K.

Wakil Gubernur Sumbar sebagai tamu kehormatan juga hadiri oleh Tokoh-tokoh yang ikut berjuang demi Pasbar lebih mandiri antara lain  Drs. H. Baharuddin R, Benny Utama, Rusdi Lubis, Drs. H. Zamri, Sudirman Samin, angota DPD RI Emma Yohana, niniak mamak, serta ratusan tamu undangan.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, dari tiga kabupaten tertinggal Pasaman Barat merupakan yang terbaik dalam pertumbuhan ekonominya dimana, pertumbuhan ekonomi Sumbar 5,27 persen pada kuartal II tahun 2018 sementara Pasbar 5,57 persen.

Saat ini kita sedang berupaya menuntaskan pembangunan teluk Tapang yang tahun 2019 ada 4 Miliar dan pembangunan sarana jalan sebesar 40 Miliar dari dana Anggaran Pembangunan Belanja Negara (APBN) Kementerian PUPR.

Pengembangan pembangunan teluk Tapang ini tentu nanti akan memberikan dampak besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Pasbar. Baik dalam sektor pertambangan, pembangunan pabrik turunan minyak sawit, sehingga selain meningkatkan lapangan kerja juga meningkatkan produksi turunan sawit yang juga menjadi produksi eksport, ujarnya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada penyelenggaraan Pemilihan Umum  serentak 2019, agar setiap komponen daerah tidak terpengaruh isu-isu hoax yang memecah belah kesatuan Indonesia.

Setiap masyarakat diharapkan mengunakan hak pilih dan dipilih dengan cara yang benar dan baik. Silahkan berbeda pilihan akan tetapi utamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemudian mari kita persiapan sumberdaya manusia Pasbar dalam menghadapi era four point ziro, dimana kemajuan teknologi bagian penting dalam meningkatkan pelayanan dan penyelenggaraan pembangunan daerah.

Mempersiapan generasi muda yang beradab,  bermoral dan cerdas bagian tak terpisahkan dari kondisi pembanguan saat ini. Maka pengawasan ninik mamak, bundo kanduang, orang tua, guru terhadap anak-anak kita agar terjauh dari pengaruh nakorba, perbuatan maksiat, LGBT dan minum-minuman keras." himbau Nasrul Abit.

Bupati Syahiran, juga mengucapkan rasa syukur dan terima kepada seluruh elemen yang telah ikut serta mendukung  pembangunan pasbar, Banyak pihak yang telah berjuang demi kemajuan Pasbar hingga saat ini.

"Sejarah perjalanan panjang Kabupaten Pasaman Barat hingga menginjak usia 15 tahun ini, tidak lepas dari pengorbanan saudara - saudara kita.Semua yang telah berjuang demi Pasbar semoga mendapat kan balasan.Namun, perjuangan kita tidak sampai di situ, ke depan kita harus berjuang bersama-sama untuk membangun Pasbar,"kata Syahiran

Ketua DPRD Pasbar Daliyus K  dalam sambutannya mengatakan,Sejak periode kepemimpinan Drs. H. Syahiran dan Yulianto dengan dukungan DPRD Kabupaten Pasaman Barat dan peran serta semua elemen masyarakat. Maka kehidupan sosial ekonomi masyarakat mengalami kemajuan, berbagai prestasi monumental telah di ukir oleh Pasbar.

Dengan digagas dan diimplementasikan beberapa program pro rakyat yang betul-betul menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat luas. Seperti pengalokasian dana 10 persen dari DAU APBD untuk nagari, untuk pendidikan 20 persen, untuk kesehatan 10 persen, infrastruktur, ekonomi kerakyatan sesuai dengan amanat UU.

"Apresiasi juga kita kita sampaikan ketika Pasbar mendapatkan WTP tahun 2016 dan 2017 dan kita berharap pada tahun 2018 juga begitu,"pungkas Daliyus K.
 
Top