MAGELANG ---- Kepedulian Kodim 0705/Magelang terhadap pelaksanaan program belajar terus digalakan. Kepedulian tersebut diwujudkan dengan mendukung prorgam – program yang dilaksanakan oleh sekolah – sekolah yang ada di wilayah Magelang.

Selain itu, Kodim 0705/Magelang melalui para babinsanya di lapangan juga turut aktif ikut mengawasi keberadaan para pelajar, khususnya bagi para pelajar yang kedapatan diluar kelas saat jam pelajaran.

Seperti yang dilakukan oleh Sersan Satu Murtam, Babinsa Koramil Magelang Utara, setiap pagi ia berkeliling wilayah untuk memantau situasi wilayah atau sekedar anjang sana ke warga binaan. Saat berkeliling itulah, Sertu Murtam selalu menyempatkan mengecek lokasi yang sering digunakan untuk nongkrong para pelajar. Apalagi di wilayah Kota Magelang  bisa dibilang sering terjadi tawuran antar pelajar.

Kamis (10/01/2019) saat sedang berkeliling, Sertu Murtam mendapati sekelompok pelajar sedang bergerombol. Karena sudah masuk jam pelajaran sekolah, Sertu Murtam berusaha mendekati pelajar tersebut dan meminta untuk segera masuk ke sekolahnya. Sekelompok pelajar yang berasal dari salah satu sekolah menengah swasta di Magelang sempat berdalih sedang PKL, namun begitu didesak mereka mengakui kalau belum masuk ke sekolah karena terlambat.
AK, salah satu pelajar SMK di Magelang Utara akhirnya mengakui kalau ia bersama temannya terlambat. Ia juga mengakui tidak segera menyusul temannya masuk kelas, malah lebih meilih nongkrong bersama teman lainnya. Dihadapan Babinsa, mereka berjanji tidak akan mengulangi lagi dan bersedia menyusul masuk ke kelas. Ketika ditanya, AK yang tinggal di wilyah Bandongan beralasan karena transportasi yang membuatnya terlambat.

Menurut Sertu Murtam, pengawasan yang dilakukan adalah semata – mata agar para pelajar bisa melaksanakan kegiatan belajar pada jam pelajaran sekolah dan tidak berkeluyuran diluar sekolah yang bisa menimbulkan hal-hal negatif yang bisa merugikan pelajar itu sendiri.

“Saya hanya mengingatkan agar pelajar ikuti aturan sekolah, kalau saatnya belajar ya belajar. Tidak keluyuran di luar sekolah” ujar Murtam.

Masih menurut Murtam, ia hanya mengingatkan pada para pelajar agar mengikuti aturan yang ada di sekolah. Iapun meminta kepada pelajar yang kedapatan diluar sekolah saat jam pelajaran untuk segera masuk ke sekolah. Karena masih dalam jam pelajaran, selanjutnya pelajar yang kedapatan diluar kelas diantarkan ke sekolahnya dan diterima oleh salah satu gurunya. (hbg)
 
Top