JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. menyambut kedatangan Ketua tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun 2024, di Gedung Indojolito, Batusangkar, Senin (3/6/2024), kemarin.

Bupati Eka Putra mengapresiasi kinerja jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada program TMMD ke 120 yang bertempat di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab.

"Program TMMD ke 120 ini, telah membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan pembangunan secara fisik maupun non fisik. Untuk itu kami ucapkan terima kasih," katanya.

Ia, menyebutkan melalui program TMMD ke 120 itu, banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat Nagari Koto Tuo khususnya, dan Tanah Datar secara umum.

"Banyak manfaat dirasakan masyarakat, beberapa diantaranya terealisasinya jalan pertanian, adanya potensi wisata  yang akan dikembangkan dan sebagainya," ujar Bupati Eka.

Dijelaskan, Pemerintah Daerah juga turut mendukung kelancaran program TMMD ke 120 dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp.1 Milyar.

"Selain anggaran yang di sediakan TNI AD dan bantuan-bantuan dari pihak lainnya, Pemerintah Daerah turut mensukseskan program TMMD ke 120 dengan menyediakan anggaran sebesar Rp. 1 Milyar. Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan secara maksimal," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Wasev TMMD ke 120 Brigjen TNI Fauzi Rusli mengatakan, kehadiarannya untuk mengetahui sejauh mana kesiapan, perencanaan dan pelaksanaan TMMD ke 120 tersebut.

"Tujuan utama dalam kunjungan kami, untuk melihat kesiapan, perencanaan hingga pelaksanaan TMMD ke 120 ini. Sehingga, ada unsur penilaiannya, tolak ukur kinerja pengerjaannya dan bagaimana hasilnya," katanya.

Dikatakan, ditengah kondisi Tanah Datar yang sedang ditimpa musibah, ada nilai plus apabila pengerjaan TMMD ke 120 bisa berjalan dengan baik.

"Dengan kondisi bencana, ada tugas pada Program TMMD ke 120. Tapi kalau ini berjalan baik, tentu ada nilai plusnya. Sekali lagi Saya jelaskan, kami disini untuk melihat bagaimana TNI membantu rakyat," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi, mengatakan, pelaksanaan TMMD ke 120 melewati tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penutupan yang dimulai dari 10 Maret hingga 6 Juni 2024.

"Di TMMD ke 120, kami fokus pada pembangunan fisik dan non fisik, ada pun pengerjaan fisik di masa pelaksanaan saat ini, pembukaan jalan sepanjang 4,46 Km lebar 6 M progres 95 persen. Pemasangan gorong-gorong di 4 titik progres 100 persen,  pengerjaan fisik tambahan pengedaman di titik nol progres 100 persen dan rehab RTLH 6 unit dengan progres beragam," katanya.

Bupati Eka Putra, Ketua Tim Wasev TMMD ke 120 Brigjen TNI Fauzi Rusli,  Dandim 0307 TD Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi beserta rombongan bertolak menuju lokasi TMMD di Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab untuk melihat secara langsung sejauh mana pengerjaan pembangunan fisik dan non fisik di lapangan. (MG)
 
Top