JA.com, Bandar Lampung--Tidak saja mendampingi dan mengantarkan langsung Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ke Lampung, bahkan mereka yang sudah sembuh, pihak Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung juga mengamanahkan untuk membawa pulang pasien yang sembuh kepada relawan Pak'sa (Palanta Aksi Kemanusian dan Sosial) besutan Ferizal Ridwan.

Adalah Reno Yori (33), pasien yang sudah dinyatakan pihak RSJ Provinsi Lampung sembuh minta diantarkan ke rumah keluarganya di Kelurahan Kubang, Kecamatan Lembah Segar Desa Pasar Kubang Lantiak Malaweh, Sawah Lunto, Provinsi Sumbar.

Ketua relawan Pak’Sa Ferizal Ridwan mengatakan, saat tim relawan Pak’Sa hendak kembali pulang ke Kabupaten Limapuluh Kota usai mengantarkan 14 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Kabupaten Limapuluh Kota untuk menjalani rehabilitasi di LKS Aulia Rahmah Lampung, tiba-tiba pihak Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJ) Provinsi Lampung meminta bantuan kepada tim relawan Pak’Sa untuk mengantarkan seorang wanita bernama Reno Yori.

"Menurut pihak Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJ) Propinsi Lampung, Reno Yori pada 31 Maret 2022 lalu sempat menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. Ketika masuk RSJ Provinsi Lampung indentitasnya tidak diketahui. Wanita itu masuk RSJ Lampung pada tanggal 31 Maret 2022 melalui Instalasi Gawat Darurat (IDG) diantar oleh petugas kepolisian karena keluyuran, mengamuk di jalan raya, meresahkan pengguna jalan dan tidak mengenakan pakaian,” jelas Buya sapaanya itu, Senin (06/03/2023).

Singkat cerita kata Buya, usai perawatan, kondisi pasien sudah tenang, kooperatif dan interaksi dengan lingkungan sekitar baik. Sedangkan Psikiater selaku penanggungjawab pasien sudah memperbolehkan pasien pulang.

"Setelah Kami kantongan alamatnya, akhirnya tim rekawan Pak’Sa bersedia membantu mengantarkan Reno Yori kepada pihak keluarga di Sawah Lunto," simpul Buya didampingi Ketua PWI Payakumbuh-Limapuluh Aspon Dedi dan tim relawan Pak’Sa Rendra Dt Pangka, Hafnizal Oyong, Edison dll.

Lebih lanjut, pasien atas nama Reno Yori itu dijemput relawan Pak’Sa Minggu (05/03/2023), kemarin ke RSJ Provinsi Lampung. " Reno Yori sudah Kami jemput. Saat ini dalam perjalanan menuju rumahnya. Doakan Kami selamat sampai tujuan. Jika tidak ada aral melintang, Insya Allah hari ini (Senin-red) Kami sampai di Sawahlunto," tutup Buya. (MG)
 
Top