JA.com, Limapuluh Kota (Sumatra Barat)--Ruas jalan Provinsi, penghubung Nagari Sialang-Galugua, Kecamatan Kapur IX terancam putus total. Pasalnya, ruas jalan itu longsor dan terban di beberapa titik, akibat hujan deras yang melanda daerah paling ujung Limapuluh Kota tersebut, Jumat (10/03/2023), kemarin.

Wali Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX Wendriady mengatakan, sejak hujan turun kemarin, beberapa ruas jalan sulit untuk dilalui.

"Beberapa ruas jalan Provinsi ini banyak yang terban akibat di guyur hujan. Jika dipaksakan melalui jalan itu, menggunakan mobil akan beresiko tinggi," kata pria Datuak Wen sapaanya ini, Sabtu (11/03/2023).

Didampingi stafnya Mar Effendi dikatakan, ruas jalan yang paling parah itu di kawasan Sungai Dingu, Galugua. Dikwatirkan mereka, jika hujan terus melanda daerah itu, jalan itu akan amblas. Akibatnya, tidak saja kendaraan roda 4, bahkan kendaraan roda 2 tidak bisa lewat.

"Paling parah itu ruas jalan di Sungai Dingu, Nagari Galugua. Jika dipaksakan melewati akan beresiko tinggi," tambah Mar Effendi.

Mereka berharap kepada pihak terkait agar segera meninjau kelapangan dan diperbaiki. Tujuannya, masyarakat setempat bisa kembali melewati ruas jalan tersebut. (MG)
 
Top