JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Tanah Datar gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2020, kemarin di aula Kantor Bupati, kawasan Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas.

Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar, Zuldafri Darma mengatakan, kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

"Saya berharap forum ini bisa menghasilkan perencanaan yang berkualitas. Sebab, RKPD dibahas bersama antara Kepala OPD dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik," harap Wabup Zuldafri Darma kemarin di Tanah Datar.

Pada kesempatan itu, Zuldafri Darma meminta untuk mengikuti dengan serius forum konsultasi dimaksud. Serta manfaatkan kehadiran kedua narasumber. Tujuannya, agar perencanaan kedepannya lebih baik lagi.

"Mari ikuti dengan serius Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ini. Manfaat kehadiran dua orang narasumber untuk berdiskusi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, Anton Yondra mengatakan, antara legislatif dan eksekutif selama ini selalu bekerjasama. Buktinya, beberapa tahun belakangan, pengesahan APBD Tanah Datar selalu tepat waktu sesuai peraturan perundangan, dimana batas maksimal 30 November sudah ditetapkan.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sebagai eksekutif dan DPRD setempat sebagai legislatif, selalu bekerjasama dengan baik dan saling mendukung dalam menentukan serta pengesahan APBD.
Kita berharap dalam penyusunan ini, seluruh instansi terkait terutama kepala OPD hadir karena merekalah yang akan melaksanakan dan menjalankan perencanaan ini," pinta Anton Yondra.

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2020 itu sengaja menghadirkan dua orang narasumber yang ahli di bidangnya. Yaitu Ditjen Bina Bangda Kemendagri, Rega Tadeak Hakim dan akademisi dari Unand, Werry Darta Taifur. Sekda Hardiman, para asisten, kepala OPD dan camat se Kabupaten Tanah Datar, Rektor IAIN Batusangkar. (MG)
 
Top