JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Tepat di halaman rumah mantan Wali Nagari Rao-Rao Dt. Bandaro Sati, di Jorong Balerong Bunta, Nagari Rao-Rao, Kecamatan Sungai Tarab, Pamsimas III diserahterimakan dan diresmikan pemakaiannya oleh Pemkab Tanah Datar kemarin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Kabupaten Tanah Datar Nofenril mengatakan, program Pamsimas III Jorong Balerong Bunta adalah satu dari 10 Program Pamsimas di Kabupaten Tanah Datar yang telah diserah terimakan. Mudah-mudahan dapat membawa perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

"Operasional pun perlu menjadi perhitungan demi ketersediaanya air bersih secara berkesinambungan. Jika memungkinkan dibuat Peraturan Nagari tentang pengelolaan air bersih secara baik," kata Nofenril.

Kepala Satker Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Mahfud Idris menyebutkan, adanya program Pamsimas tahun ini air bersih dapat dirasakan masyarakat Jorong Balairong Bunta.

"Mudah-mudahan kedepannya jorong yang ada di Nagari Rao Rao lainnya bisa juga mendapatkan program Pamsimas ditahun-tahun berikutnya. Semoga progam ini dapat meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, kebersihan dan ekonomi," katanya.

Camat Sungai Tarab Riswandi mengatakan,  pembangunan Pamsimas III ini terwujud berkat kerjasama antar seluruh masyarakat Jorong Balairong Bunta. Dukungan dari masyarakat juga perlu dibudayakan supaya air bersih dapat dinikmati dalam waktu yang panjang.

Sementara itu, Wali Nagari Rao Rao, Kecamatan Sungai Tarab Fahmi Muhammad mengucapkan terimakasih yang telah berkenan untuk memfasilitasi program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) III ini. Apa yang kita harapkan untuk mendapat air bersih telah terwujud.

"Jorong Balerong Bunta terletak di ketinggian, sehingga mendapatkan air bersih. Sejauh ini sekitar 48 dari 98 Kepala Keluarga yang mendaftar pendistribusian air bersih telah merasakan manfaatnya serta akan bertambah seiring kebutuhan air bersih setiap harinya," jelas Fahmi Muhammad.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tanah Datar Syahril, Anggota DPDR Tanah Datar, Tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (MG)
 
Top