JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB. Dt Parmato Alam meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Perumnas Kubang Gajah, Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Senin (31/12). Pada kesempatan yang sama Camat Payakumbuh Selatan Junaidi juga melantik pengurus baru RT dan RW sekelurahan Limbukan periode 2018-2021.

Dalam sambutannya Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam meminta dinas terkait untuk menganggarkan kembali penyelesaian Ruang Terbuka Hijau Kubang Gajah pada tahun 2019. Selain itu, ia juga mengapresiasi panitia yang berkat kerja kerasnya sukses menggelar acara peresmian dan pelantikan tersebut.

"Sesuai usulan tokoh masyarakat Mulia Raja Nasution Cs, agar dibangunnya sebuah gedung pertemuan, maka kita berharap agar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk menyiapkan renjanya, sehingga gedung itu bisa  dibangun," harap putra Aua Kuniang ini.

Dikatakannya, ruang pertemuan di Perumnas Kubang Gajah ini perlu dibangun, karena banyak etnis, suku dan agama di komplek pemukiman tersebut.

"Disini banyak suku dan etnis serta keberagaman agama. Jadi, perlu dibangun gedung pertemuan," ujar YB Dt Parmato Alam.

Sementara Wako Payakumbuh diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Syahril mengatakan, bahwa salah satu visi dan misi Wako adalah memajukan olahraga dan lingkungan hidup yang baik.

" Akan kami catat apa-apa yang akan kita bangun di sini. Syarat dari sebuah kota itu adalah harus punya Ruang Terbuka Hijau (RTH) 20 persen dari luas kota," kata Syahril.

Pada kesempatan itu Syahril juga menjawab terkait dengan permohonan dinaikannya anggaran insentif Pengurus RT dan RW.

"Terkait dengan dana insentif untuk pengurus RT dan RW tahun 2019, bisa dinaikkan. Ini tidak terlepas dari dukungan Ketua DPRD Pak YB Dt Parmato Alam. Mudah mudahan harapan ini bisa terwujud kalau usulannya sudah sampai di panitia angggaran," terangnya.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Tegar Mulia Nasution didampingi Koordinator Edison Chaniago Dt Bagak, dan Taufikurrahman mengatakan, acara sengaja dikemas bersamaan, yakni peresmian RTH, pelantikan pengurus RT/RW, dan Tabligh Akbar. "Yang jelas, ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang punya andil dalam menyukseskan acara ini," kata mereka.

Sesuai dengan tradisi masyarakat di Kubang Gajah, acara dilanjutkan dengan makan bersama di dalam mesjid. Setelah itu dilanjutkan dengan Sholat Zhuhur berjamaah. Sore harinya dilanjutkan dengan lomba fashion show anak-anak, dan malamnya Tabliq Akbar.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh Elfriza Zaharman bersama Sekretaris Doni Prayuda, Camat Payakumbuh Selatan Junaidi, Lurah Limbukan Abdul Samad, Bhabinkamtibmas Aiptu Mardanus, Babinsa Serda Irwan Siregar. Tidak ketinggalan Tokoh Luak Limopuluah Catur Virgo, Tokoh Kubang Gajah Marjohan, serta ratusan warga Limbukan. (rel/gun)
 
Top