JA.com, Solok Selatan-HUT Kabupaten Solok Selatan ke 15 diperingati secara hikmad dalam Rapat Paripurna Istimewa dikantornya DPRD Kabupaten Solok Selatan. Dalam Sidang  Paripurna Istimewa tersebut ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan, Sidik Ilyas mengatakan "Memasuki usia 15 tahun, Kabupaten Solok Selatan yang jatuh setiap tanggal 7 Januari, merupakan haul tahunan di Kabupaten yang punya julukan "Sarantau Sasurambi" yang dimaknai sebagai pertambahan usia dan eksistensi Kabupaten Solok Selatan, sehingga tak terasa sudah tahun yang ke 15, kita memperingatinya dengan penuh sukacita sejati tahun 2004.

Pimpinan DPRD Solok Selatan dan seluruh jajaran DPRD punya harapan, mari kita jadikan peringatan Ulang Tahun sebagai momentum untuk menjadikan kabupaten Solok Selatan lebih baik kedepannya, sesuai dengan tema ulang' tahun kali ini  ''Bahwa dengan semangat ulang tahun kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan kabupaten Solok Selatan sejahtera dan religius."jelasnya. Senin (7/1'2019).

Namun yang lebih penting peringatan hari jadi kabupaten Solok Selatan, kita implementasikan
sebagai Revolusi mental secara menyeluruh, untuk bersama sama berfikir bekerja dan bekerja demi kemajuan kabupaten yang kita cintai ini."tuturnya.

Diusia ke 15 secara bertahap Pemerintah Daerah bersama DPRD akan berupaya mensejajarkan kabupaten ini dengan daerah lain, khususnya dalam upaya keluar dari daerah tertinggal. Upaya itu telah mendapat respon positif baik dari Pemerintah Provinsi apalagi dari Pemerintah Pusat dengan telah menyalurkan berbagai program salah satunya meningkatkan status jalan dari Lubuk Selasih menuju Sungai Penuh Kerinci sebagai jalan Nasional.Termasuk juga ruas jalan Simpang PB tembus Dharmasraya sebagai jalan Provinsi.


Ketua DPRD mengatakan, "kedepan yang harus menjadi fokus pembangunan adalah segera terwujudnya wajah Padang Aro sebagai Ibukota Kabupaten, namun sampai saat ini belum bisa dikatakan Padang Aro sebagai ibukota kabupaten. Karena belum mencerminkan, baik dari segi Infrastruktur maupun tata ruang wilayah sebagai sebuah ibukota dan pusat pemerintahan.

Sesuai fungsi Legislatif ditahun 2019 DPRD bersama Pemerintah Daerah telah menyusun dan menetapkan program pembentukan Perda sebanyak 17 Ranperda yang akan dibahas untuk dijadikan Perda pada program pembentukan Perda Kabupaten Solok Selatan tahun 2019.


Dalam hubungan kemitraan DPRD dengan Pemerintah Daerah sudah berjalan secara sinergis, dengan buah keberhasilan telah mampunya Kabupaten Solok Selatan meraih berbagai prestasi yang telah membawa harum Daerah, tanpa ada kolaborasi yang harmonis antara dua lembaga.

Prestasi prestasi tersebut antara lain :
1 Penetapan APBD tercepat tahun 2018 dengan prestasi inilah diberikan Reward berupa Dana Stimulus berupa Dana Insentif Daerah dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

2  Juara 1 Kampung Adat terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia yakni Kawasan Seribu Rumah Gadang.

3  Juara 1 Kategori Situs sejarah Terpopuler Rumah Gadang Terpanjang dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Akhirnya atas nama pimpinan DPRD mewakili seluruh anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan melalui HUT ke 15 "'Dengan semangat baru mari kita satukan seluruh unsur elemen untuk bekerja, kerja dan kerja guna mewujudkan Solok Selatan yang Sejahterah dan Religius .

Sementara itu Bupati Solok Selatan, H Muzni Zakaria mengharapkan pada usia Kabupaten Solok Selatan ke 15 ini Kabupaten Solok Selatan lebih sukses kedepannya. Kita optimis 2019 Solok Selatan terlepas dari status Daerah Tertinggal, tentu perlu dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut."terang Muzni.

Agar semua program Pemkab dapat terimplementasi dengan baik diperlukan kebersamaan dan kekompakan serta persatuan, merupakan bagian yang sangat mendasar. Untuk itu Pemkab siap menerima masukan dari berbagai pihak demi kemajuan kabupaten Solok Selatan kedepannya.

Sebagaimana yang diharapkan dari seluruh warga Solok Selatan, hendaknya Kolaborasi.


 
Top