JA.con, Pesisir Selatan (Sumatera Barat)--Program dan bantuan peralatan termasuk hari ini memberikan bantuan Fist Box,  Mesin Long Tail, Tramel Net dan Gillnet kepada masyarakat yang dilakukan pemerintah dalam mengangkat kesejahteraan nelayan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit saat kunjungan kerja kabupaten Pesisir Selatan bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Selasa sore (17/4/2018).

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, kehidupan nelayan memang  belum memadai dibandingkan profesi lain di Sumatera Barat,  namun apa yang ada di Pesisir Selatan saat sudah lebih baik dibandingkan 7 daerah pesisir lainnya di Sumbar. 

Kemaren sewaktu meninjau lokasi beringin yang cukup jauh dtengah laut masih ada nelayan kita yang memakai alat kayuh. Di zaman seperti seharusnya telah mempergunakan mesin long tail menimalnya,  karena tantangan ombak dan arus cukup berat dengan masih memakai alat kayuh.

Kita sudah mulai mendata nelayan-nelayan yang masih alat kayuh akan dibantu mesin long tail,  berharap seluruh nelayan Sumbar telah mempergunakan mesin agar hasil produktifitas akan lebih meningkat lebih baik.

Masing-masing daerah memiliki problem yang berbeda-beda maka kita akan memberikan bantuan sesuai dengan kondisi daerah sehingga dapat bermanfaat dan digunakan masyarakat sebagaimana mestinya,  ungkap Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan tahun ada banyak bantuan yang akan kita salurkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan.  Saat ini kita menyerahkan bantuan fist box sebanyak 60 buah, mesin long tail 21 unit,  tramelnet 25 unit, gillnet 30 unit.

Paket bantuan pemerintah provinsi Sumbar untuk kabupaten Pesisir Selatan tahun 2018 diterima oleh 3 (tiga) kelompok usaha nelayan, KUD Berkat Bersama,  KUD Saiyo Mandiri dan KUD Suara Sakato.

Kita berharap dengan bantuan ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan dan nelayan kita bisa melakukan menabung dalam menata ekonomi keluarga yang lebih baik. 

Jangan ada lagi nelayan kita mendapat banyak dan sedikit dapat ikan sama saja. Sudah saatnya jika ada pendapatan yang berlebih agar menerapkan pola menabung agar dimasa sulit tidak mendapat ikan atau karena cuaca tidak baik,  kehidupan dapat dijalani dengan baik karena ada tabungan.

Dan yang terpenting anak-anak nelayan mesti sekolah dan bisa hidup lebih baik dari orang tuanya. Pendidikan merupakan salah satu upaya dan cara cepat meningkatkan kualitas kehidupan seseorang dan bermasyarakat.

Karena itu kita inginkan semua anak-anak Sumbar mestj sekolah dan bersekolah agar bisa berkompetisi dan bersaing dengan daerah - daerah lain dan bangsa-bangsa lain, seru Nasrul Abit Dt. Malintang Panai. Relis/ Zardi
 
Top