Laporan dari: Hadril Walid
Wartawan JA.com Sarolangon - Jambi

JA.com, SAROLANGUN (Jambi) - Upaya pemerintah daerah untuk pengembangan potensi wisata Goa Colau Petak yang berada di wilayah eks Bukit Bulan bisa dikatakan cukup dipriotaskan.

Buktinya, di tahun 2017 lalu, pemerintah dearah dibantu oleh pemeritah pusat dengan anggaran sebesar 1,3 miliar untuk membangun tangga menuju Pintu Goa.

Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan anggaran yang cukup besar, Namun minat wisatawan tersebut, saat ini masih belum dikunjungi juga, baik wisatawan lokal, maupun wistawan luar daerah.

Hal tersebut dikerenakan oleh beberapa faktor  menurut keterangan Kepala Dinas Pemuda, Pariwisata dan Olahraga (Dispora) Sarolangun Saifullah, mengatakan," Faktor-faktor wisata tersebut belum dikunjungi para Wisatawan karena   jarak dengan Infrastruktur yang belum memadai.

" Faktor jarak yang begitu jauh kemudian Infrastrukturnya belum bagus, apalagi musim hujan, pasti  jalan jadi becek menuju tempat tersebut," terangnya dikonfirmasikan beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, untuk memperkenalkan keindahan dan alaminya wisata Goa Calo Petak tersebut, sudah dilakukan baik di media sosial maupun lewat berita, juga Media Online, Media Cetak dan Media TV.

" Hal tersebut belum cukup untuk menarik peminat wisatawan untuk berkunjung, kalau belum di dukung dengan infrastruktur yang bagus," ungkapnya

Dengan kodisi infrastruktur yang belum bagus , dia berpendapat, waisatawan yang berminat untuk berkunjung adalah wiasatawan khusus seperti Grup Motor Triel dan grup Mobil Offroad.

" Nanti kita akan coba koordinasi dengan Grup Motor triel dan Grup Mobil Offroad, karena grub tersebut hobi mencari jalan yang menantang, seperti jalan ke Goa tersebut,"ujarnya.

Selain itu, dia juga merencanakan,  mengadakan acara Festival Daerah di depan Goa Calo Petak tersebut.

"Ini rencana kita, maudahan tercapai, kedepanya kita coba mengadakan acara berbentuk Festival Daerah, Depan Wisata Goa tersebut, seperti lomba Bujang Upik, Lomba Lagu Daerah dan perlombaan seni daerah lainnya,"tutupnya.


 
Top