JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM bersama rombongan yang membawa Piala Adipura tahun 2023 dari Jakarta, Rabu (6/3/2024), kemarin disambut bak seorang pahlawan yang pulang dari medan perang oleh seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

Setibanya di kawasan pasar Batusangkar, Bupati Eka Putra yang memegang piala ditangannya juga digotong beramai-ramai oleh tim pahlawan kebersihan sebagai luapan kegembiraan atas capaian ini.

Selain itu, kehadiran Bupati dan rombongan juga sudah ditunggu langsung oleh Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Sekda Iqbal Ramadi Payana, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat se Tanah Datar, Pimpinan BUMN dan BUMD, dan undangan lainnya.

"Ini tidaklah mudah untuk kita lakukan. Walaupun dalam keterbatasan, namun semangat seluruh masyarakat bersama OPD dan tentunya para pahlawan kebersihan akhirnya kita mampu mempertahankan Piala Adipura untuk kota Batusangkar yang kita banggakan ini. Untuk itu, Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pahlawan kebersihan yang telah bekerja 24 jam tanpa mengenal lelah demi terciptanya kebersihan di Batusangkar ini," kata Bupati Eka Putra.

Dikatakan, penghargaan Piala Adipura ini merupakan hadiah terindah menjelang datangnya bulan Suci Ramadhan pada tahun ini.

"Mudah-mudahan dengan adanya Piala Adipura ini keimanan kita untuk melaksanakan ibadah puasa lebih meningkat lagi," harapnya.

Lebih jauh, Bupati Eka Putra juga mengajak kepada seluruh masyarakat Tanah Datar untuk bersama-sama dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

"Semalam ada yang berkomentar di media sosial bahwa penghargaan ini hanyalah sebuah pencitraan semata, namun Saya pastikan itu tidak benar. Penghargaan ini mutlak hasil kerja keras para pejuang kebersihan kita dan masyarakat. Coba bayangkan, kalau dua hari saja petugas kebersihan kita tidak bekerja, maka Saya pastikan Kota Batusangkar ini akan membusuk dengan banyaknya sampah disana-sini," tegasnya.

Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu menyampaikan selamat kepada Pemda Tanah Datar yang telah berhasil meraih penghargaan Piala Adipura tahun 2023 untuk kota Batusangkar.

"Saya mewakili seluruh masyarakat kabupaten Tanah Datar mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas capaian ini, terutama kepada Pak Bupati yang telah berhasil menjalankan amanahnya sebagai pimpinan daerah. Itu dibuktikan dengan mendapatkan apresiasi dan penghargaan Piala Adipura dari Presiden RI, untuk kota Batusangkar dua tahun berturut-turut," katanya.

Rony Mulyadi juga berharap keberhasilan ini tidak serta merta membuat pemerintah dan masyarakat berpuas diri, namun  hendaknya ke depan lebih ditingkatkan lagi sehingga Piala Adipura tahun 2024 juga bisa diraih kembali. (MG)
 
Top