JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, untuk bisa menggelar sebuah event, terutama event yang berhubungan dengan pariwisata, seluruh elemen terkait sampai masyarakat harus bersikap ramah dan penuh senyum melayani wisatawan dan pengunjung event tersebut. Disamping masyarakat vaksin sesuai target.

"Fasilitas umum seperti masjid, rumah makan sampai toilet harus diperhatikan kebersihannya. Karena kebersihan merupakan salah satu hal utama menimbulkan kesan baik dan kenyamanan kepada pengunjung," kata Eka Putra dalam rangka evaluasi kegiatan Pelatihan dan Pemanduan Paralayang, Selasa (4/1/2022) kemarin di aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

Dikatakan Eka, terkait rencana Tanah Datar bakal menjadi tuan rumah menggelar event Paralayang Tingkat Nasional bernama Trip Of Indonesia (TROI) Series 5 th di bulan Juli mendatang, Eka Putra berharap dukungan semua pihak, karena amanah sebagai tuan rumah tidak hanya membawa nama Tanah Datar, namun juga Sumatra Barat.

"Agar event ini bisa terlaksana, pencapaian vaksinasi di Tanah Datar dan khususnya di lokasi perlombaan harus sesuai target. Ini menjadi tugas kita semua untuk menghimbau kepada masyarakat agar vaksin bagi yang belum. Juga kepada atlet dan calon paralayang, agar meningkatkan kemampuannya," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Abdul Hakim mengatakan, Paralayang merupakan salah satu Sport Tourism potensial yang sedang dikembangkan di Tanah Datar.

"Daerah kita mempunyai lokasi dan daerah sangat mendukung olahraga Paralayang, seperti di Batipuh Selatan dan di Salimpaung yang sudah dilaksanakan beberapa event," katanya.

Lebih lanjut, memang sarana dan prasarana pendukung serta kelengkapan olahraga masih kurang sehingga diperlukan peningkatan dan perbaikan.

"Saat ini tercatat 20 orang calon atlet paralayang yang siap memajukan dan mengembangkan paralayang. Untuk memenuhi kebutuhan, Pemerintah daerah bersama pemerintah nagari dan juga KONI berkoordinasi untuk bisa membantu ketersediaan sarana salah satunya parasut untuk atlet," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Tanah Datar Herman Sugiarto menyampaikan terima kasih atas dukungan dan motivasi Bupati Eka Putra kepada olahraga Paralayang.

"Event TROI yang akan dilaksanakan di Tanah Datar ini memang menjadi amanah dan kebanggaan bagi kita semua. Dari seluruh provinsi di Indonesia yang menyatakan siap melaksanakan event ini, Tanah Datar yang dipercaya dan ditunjuk, karena itu atas dukungan pak Bupati dan jajaran saya ucapkan terima kasih," katanya. (MG)
 
Top