JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pembangunan nagari harus  mengutamakan skala prioritas. Terutama sekali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nagari itu sendiri.

"Besarnya anggaran yang dikelola pemerintahan nagari saat ini hendaknya dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani saat acara Musrenbang Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Senin 4/2.

Dikatakan Anggota DPDR Kabupaten Tanah Datar Saidani ini, bahwa dana yang sangat masuk ke kas nagari hendaknya dapat menyelesaikan persoalan yang yang dihadapi masyarakat dinagari dimaksud.

"Milyaran dana masuk ke kas nagari harusnya bisa menyelesaikan persoalan . Seperti masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan sumberdaya manusia," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Pada kesempatan sama, Anggota DPRD Tanah Datar Dafrizal menyebutkan, pembangunan nagari harus seimbang antara fisik dan nonfisik.

"Melalui dana pokok pikiran anggota dewan akan membantu pembangunan tiga buah masjid dengan dana sebesar Rp400 juta dan 10 buah mushalla dengan jumlah dana Rp500 juta. Yang jelas, Kegiatan pembangunan itu tetap berdasarkan hasil Musrenbang," kata Politisi Partai Golkar ini.

Walinagari Tabek Rispel M Noerdin menyampaikan, program prioritas pembangunan nagari berupa
pembangunan MCK masjid, irigasi, penyediaan air bersih ke rumah masyarakat, dan pos ronda nagari.

Kemudian Staf Ahli Bupati Tanah Datar Ermon Reflin mengharapkan Musrenbang Nagari dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Hadir dalam musrenbang Anggota Dewan Rasman dan Afriman, pimpinan OPD, Camat Pariangan Abdurahman Hadi, dan tokoh masyarakat setempat, serta undangan lainnya. (MG)
 
Top