JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat).
Pemko Payakumbuh benar-benar mendukung dan intens terhadap para penghafal Al Quran. Bahkan Walikota Riza Falepi berniat akan memberikan Reward umrah bagi hafidz berprestasi.

Disamping itu Wako Riza juga berharap para hafidz tersebut mendapat prioritas masuk perguruan tinggi.

"Kita akan berikan reward umrah bagi hafidz berprestasi serta memprioritaskannya masuk perguruan tinggi, " ujar Riza dalam sambutannya pada acara khatam Al quran ke 24 di TPQ Mesjid Arsyad Ke 24 kemaren.

Ia optimis para hafidz ini akan unggul dibangku perkuliahan. "Al quran saja bisa mereka hafal, apalagi pelajaran di sekolah. Untuk itu teruslah melanjutkan pembelajaran Al quran, tahsin, tajwid, irama, tartil, tilawah dan lainnya," tuturRiza.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan AH Agustion menjelaskan, perayaan khatam Al quran di Payakumbuh sangat spesifik. Selain mengandung nilai religous, khatam al quran di payakumbuh juga kaya dengan nilai budaya adat istiadat dan sosiografis.

Sementara panitia acata Mirwan dalam laporan menyebut, alek nagari ini terlaksana berkat kebersamaan seluruh elemen masyarakat. 

Dikatakan,  perayaan khatam ini  diikuti 110 santri mesjid yang terletak di jalan negara Nan Kodok Kelurahan Tigo Koto Dibarua. (gun)
 
Top