JA.com, Padang (Sumatera Barat)--Dengan mengusung tema “Melatih Daya Imajinasi Anak-anak Melalui Kegiatan Story Telling" oleh para dosen-dosen dan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris STKIP PGRI Sumbar, dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Panti Asuhan Al-Hidayah di jalan Terpadu Kapuk kelurahan Kalumbuk kecamatan Kuranji Padang, pada (29/12/2018) lalu.

Adapun tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari empat orang dosen Prodi pendidikan bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat serta satu orang mahasiswa dari Program Studi yang sama.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih daya imajinasi anak dan meningkatkan minat mereka untuk belajar Bahasa Inggris. Story Telling merupakan salah satu metode yang menarik bagi anak-anak usia sekolah dalam belajar bahasa Inggris.” kata Belinda Analido sebagai Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat.

Selama satu hari, anak-anak panti asuhan Al-Hidayah yang memiliki rentangan usia 5-10 tahun, belajar bahasa Inggris menggunakan metode Story Telling. Metode story telling ini dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar dalam semua tingkatan siswa, dalam hal ini khususnya anak-anak panti asuhan yang termasuk siswa usia dini (SD).

“Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dalam pengajaran bahasa adalah karena kisah yang diceritakan memberikan konteks yang bermakna ketika bahasa tersebut digunakan”, kata Dona Alicia, salah seorang dosen pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat.

Tambahnya, dalam kegiatan pengabdian masayarakat ini, siswa diberikan materi bahasa Inggris  dengan menggunakan media story telling, gambar serta games yang menarik. Selama kegiatan berlangsung, anak-anak terihat sangat tertarik dalam antusias dalam kegiatan story telling." jelas Dona.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka dan meningkatkan minat mereka untuk belajar bahasa Inggris." harapnya.(*)
 
Top