JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat).
Banjir tahunan yang kerap menimpa kawasan Tanjung Anau, Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara mendapat perhatian serius Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Begitu mendapatkan laporan,  orang nomor satu di Kota Batiah itu langsung turun ke lokasi,  Rabu (9/1).

Dari kunjungan lapangan ke lokasi saluran irigasi Bandar Rawang, Walikota Riza mendapati sejumlah titik saluran irigasi yang memiliki endapan sedimen yang sangat tinggi. Akibatnya,  volume air yang tertampung menjadi sangat kecil dan senantiasa meluap dan menyebabkan banjir setiap kali datang hujan lebat.

"Pagi ini saya bersama Kadis PU,  dan camat sengaja turun lapangan meninjau irigasi Banda Rawang yang senantiasa meluap dan menyebabkan banjir setiap kali musim hujan. Temuan kami, ternyata sedimennya sudah sangat tebal, ini harus di keruk agar volume air hujan tertampung secara optimal," ujar Riza sembari berharap pengerukan dilakukan secara gotong royong.

Menurutnya, pada beberapa titik saluran cukup memungkinkan diselesaikan melalui gotong royong. Sedangkan titik lainnya yang terbilang parah alan dikerjakan dwngan alat berat.

"Tolong segera agendakan kamu an kegiatan gotong royong itu kita gelar," ujar Riza kepada Camat Payakumbuh Utara, Nurdal yang turut memdampingi ke lapangan.

Dikatakan, untuk menyemangati warga bergotong royong, Riza menyebut siap menyumbang satu ekor kambing untuk dimasak dan dijadikan santap siang warga.

"Ajak semua warga untuk bergotong royong nantinya pak Camat, saya siap turun, nanti kita bantu satu ekor kambiang untuk kita makan bersama," ujar Walikota yang dianggukan camat.

Selain mengjarapkan gotong royong, Walikota juga memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk menyediakan anggaran perbaikan saluran bandar irigasi tersebut agar irigasi itu bisa berfungai lagi secara maksimal.

"InsyaAllah anggaran perbaikan pada tahun ini juga kita siapkan pak," ujar Kadis PUPR, Muslim. (rel/gun)
 
Top