JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)-- Usai meraih juara pertama tingkat Provinsi Sumatera Barat beberapa  waktu lalu, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Nagari Situmbuak, Kecamatan Salimpauang gelar rapat.

Rapat dimaksud, terkait persiapan untuk kompetisi selanjutnya tingkat nasional, pada Jumat (11/1) sore di Kantor Wali Nagari setempat.

Rapat persiapan itu, dipimpin Camat Salimpaung Liza Martini dan dihadiri Plt. Ketua TP-PKK Tanah Datar Yesrita Zedrianis, Kadis PMDPPKB Nofenril, Kadis Pendidikan Riswandi, Kadis Arsip dan Perpustakaan Erizal Ramli.

Selain itu juga hadir Kepala Bagian Humas dan Protokol Syahril, Wali Nagari Situmbuak E. Dt Paduko Majo Kayo, Perwakilan OPD terkait, TP-PKK Kabupaten dan Anggota UP2K Nagari Sutumbuak.

Disepakati didalam rapat tersebut, ikon yang diangkat adalah Sulaman Kapalo Samek. Pasalnya, sulaman kapalo samek itu, sudah menjadi mata pencaharian bagi masyarakat Nagari Situmbuak, terutama kaum perempuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Kabupaten Tanah Datar Nofendril mengatakan, karena waktu penilaian semakin dekat, jadi persiapan harus dimatangkan sebelum tim nasional turun mengklarifikasi.

Kita harus melakukan koordinasi dengan tim provinsi agar kabupaten betul-betul siap, tidak hanya saat menghadapi lomba, namun juga untuk kemajuan nagari kedepannya," kata Nofendril.

Dikatakannya, Nagari Situmbuak punya potensi yang dapat dikembangkan untuk itu melalui OPD terkait akan terus dilakukan pembinaan begitu juga nagari-nagari lain di Tanah Datar yang juga punya potensi yang berbeda.

Sementara itu, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Yesrita Zedrianis menyampaikan, apresiasi dan bangga dengan Kader UP2K PKK Nagari Situmbuak yang aktif dan inovativ.

" Untuk saat ini fokus sulaman kapalo samek, sebelumnya untuk bahan dasar baju, namun sudah berinovasi untuk taplak meja, sarung bantal, selendang bahkan juga untuk souvenir," ujarnya.

Sebelumnya, Camat Salimpaung Liza Martini mengatakan, selain ikon sulaman kapalo samek, kader UP2K PKK Nagari Situmbuak juga melakukan pengolahan aneka makanan, untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

" Selain itu kader UP2K PKK Nagari Situmbuak yang didominasi kaum perempuan ini juga melakukan pengomposan limbah rumah tangga yang dipergunakan untuk pupuk," katanya.

Usai pelaksanaan rapat kegiatan dilanjutkan peninjauan lapangan melihat aktifitas masyarakat yang sedang menjahit sulaman kapalo samek, pengomposan limbah rumah tangga, pembuatan dan pengemasan aneka makanan. (MG)

 
Top