JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Harri Trisna optimis tahun ini Solok Selatan, Insyaallah segera memiliki kampung wisata (desa wisata). Sebab beberapa nagari dinilai cukup memiliki potensi wisata unik dan menarik juga mempesona.

Untuk itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat sedang mengkaji dan mempersiapkan, yang nantinya akan menambah destinasi wisata di daerah kabupaten yang punya julukan "Kabupaten Seribu Rumah Gadang" ini, hal ini disampaikan Harri diruang kerjanya baru baru ini.

Untuk tahun ini kata Harri, "desa wisata ia menetapkan satu desa (nagari) wisata yang akan dijadikan Pilot Projec."jelasnya.

Tambahnya, daerah Sumatera Barat sudah ada punya desa wisata seperti Sungai Nyalo di Pesisir Selatan. Dan kita sudah melakukan studi banding ke beberapa daerah yang punya desa wisata. Dan hasil studi banding tersebut dijadikan referensi untuk pelaksanaan desa wisata di Solok Selatan kedepannya.

Dengan terciptanya desa wisata, tentu akan akan berdampak keberbagai aspek terutama pada ekonomi masyarakat." tutur Harri.

Ditegaskan Harri,'Tercapainya desa wisata itu tidak terlepas dari partisipasi masyarakat setempat dan tidak hanya pemerintah nagari saja. Karena dalam pengelolaan nantinya juga dari masyarakat, untuk masyarakat apapun bentuk  yang dilakukan yang hasilnya akan dinikmati masyarakat itu sendiri.(Sudirman R)
 
Top