JA.com, Batusangkar ( Sumatera Barat)-Dipenghujung tahun 2018 kemarin, Forkopimda Tanah Datar sampaikan fakta melalui press release, di kantor Kejaksaan Negeri Tanah Datar. Senin (31/12/2018).

Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas menyampaikan agenda tahun 2018 terjadi sebanyak 96 kasus pencurian dengan kekerasan, penipuan 45 kasus, perjudian 5 kasus, pengrusakan 20 kasus, narkoba 45 kasus dan perkosaan 1 kasus. " Sementara masih ada 174 kasus yang menjadi tunggakan. Ini dikarenakan masih kurangnya personil penyidik di Polres Tanah Datar, "ucapnya.

Kemudian, terkait kasus narkoba, turun dari 50 kasus pada tahun sebelumnya menjadi 45 kasus ditahun 2018. Sementara, laka lantas turun dari tahun sebelumnya 88 kasus di tahun ini menjadi 80 kasus. Selanjutnya, korban meninggal dunia akibat laka lantas pada tahun 2017 sebanyak 25 orang, pada tahun 2018 terdapat 1 orang.

" Begitu juga korban luka berat juga turun dari tahun sebelumnya 10 orang dan tahun ini sebanyak 2 orang. Korban luka ringan juga turun dari 146 orang menjadi 142 orang. Sementara kasus tilang kendaraan justru naik tahun 2017 sebanyak 6.000 kasus menjadi 8.103 ditahun 2018, ini adalah upaya gencar-gencarnya pihak kepolisian melakukan razia," terang Bayu.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar, M. Fatria menyampaikan kegiatan intelijen (TP4D) sebanyak 28 kegiatan, jaksa masuk sekolah dalam rangka penyuluhan hukum 9 kegiatan, pengawasan aliran kepercayaan masyarakat 4 kegiatan.

Untuk pidana umum (Pidum) M. Fatria menyebut ada perbedaan dengan Polres karena ada pelimpahan perkara dari Polda Sumbar, dari BNN Provinsi, jadi perkara yang masuk tahun 2018 sebanyak 227 kasus, dan yang sudah masuk berkas perkara 211, dan 204 sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tanah Datar. Dan sudah dieksekusi sebanyak 176 kasus.

"Pidana khusus (Pidsus) ada 4, ada masih sedang berjalan dan ada yang sudah dieksekusi dan mendapatkan uang pengganti sebesar Rp. 189 juta dan denda sebesar Rp. 100 juta. Bidang perdata tata usaha negara 9 kasus dan pemulihan keuangan negara Rp.335 juta," sebut M. Fatria.

Program unggulan Kejari M. Fatria menyebut ada Jaksa Masuk Pasar, dan penghargaan atas kinerja Kejari seperti Zona Integritas bebas korupsi, dan ini akan dijadikan percontohan bagi Kejari seluruh Indonesia serta penghargaan Sidak Karya.

Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Efendi SH, MH, menyebut perkara perdata yang masuk pada tahun 2018. Gugatan yang masuk 24 berkas, putus 13 berkas, dan sisa 9 berkas, dan itu adalah gugatan biasa. Untuk gugatan sederhana, ini biasanya dibawah nominal Rp. 200 juta dan prosesnya pun cepat, masuk 5 berkas dan itu belum diputuskan.

Untuk permohonan luar biasa Efendi menyebut ada 41 berkas yang masuk dan itu sudah selesai diputuskan. "Namun masih ada gugatan biasa tapi prosesnya lama dan bisa sampai 5 bulan, "katanya.

Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi Sugiarto Harahap sampaikan giat jajaran seperti sukses pengamanan kunjungan Presiden RI ke Tanah Datar, sosialisasi belanegara dikalangan pelajar, sukseskan alek pacu kuda yang sempat ditiadakan, pelaksanaan TMMD yang mendapat apresiasi dari Pangdam.

" Ini berkat dukungan pemerintah daerah dan semua pihak, pelaksanaan TMMD kita dinilai baik, sehingga Kapendam Bukit Barisan menjadi yang terbaik, terima kasih pak Bupati," katanya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, yang dari awal belum tahu kalau agenda yang Ia hadiri itu merupakan press release bersama atau jumpa pers gabungan Forkopimda.

" Saya tidak tahu jika ini jumpa pers bersama Forkopimda, ini luar biasa, merupakan sejarah dan pertama kali diadakan di tahun 2018. Saya bakukan, bahwa, setiap tanggal 31 Desember kita adakan jumpa pers bersama namun tempatnya kita gilirkan, "ucapnya.

Bupati juga puji kinerja forkopimda yang meraih penghargaan tidak hanya ditingkat provinsi namun hingga ketingkat Nasional, seperti Penghargaan Sidak Karya, Zona Integritas bagi Kejari Tanah Datar. Begitu juga Polres Tanah Datar yang mendapat penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas kepedulian Polisi terhadap anak.

Tidak itu saja, Kodim 0307 Tanah Datar yang telah sukses ikut andil dalam berbagai ivent di Tanah Datar seperti pada ajang Porprov ke-XV di Kabupaten Padang Pariaman yang telah menaikkan peringkat Tanah Datar dari tahun sebelumnya. " Sukses dalam agenda Pordasi yang menggelar perhelatan pacu kuda dan mendapatkan penghargaan dari Mabes TNI atas sukses pelaksanaan TMMD.

Sebelumnya ketua DPRD Anton Yondra, juga sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kinerja Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinan Irdinansyah Tarmizi bersama Zuldafri Darma dan kebersamaan Forkopimda menjadikan Tanah Datar juga banyak meraih prestasi dibidang pembangunan daerah. ( MG)
 
Top