JA, PASAMAN BARAT -- Sepanjang Tahun 2018 Kolaboraksi Kemanusiaan antara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat-IB) Kabupaten Pasaman Barat dengan Mata Rakyat Pasaman Barat (MRPB) Peduli telah menyalurkan bantuan dalam bidang sosial senilai Rp. 726.106.900.

"Dana bantuan itu bersumber dari para donasi tetap dan tidak tetap baik dari dalam daerah maupun di luar daerah. Bantuan yang diberikan para donatur itu berupa Materi, Sembako, Alat sekolah dan Pakaian," kata Ketua DPD Pekat-IB Pasaman Barat, Decky H Sahputra kepada Jurnal Andalas, Senin 14 Januari 2019.

Lebih lanjut dijelaskan Decky, sasaran bantuan itu diprioritaskan untuk warga miskin. Bantuan itu berupa bantuan Produktif dan bantuan Konsumtif. Seperti bantuan pendampingan berobat, bantuan bedah rumah, bantuan modal usaha, beasiswa dan bantuan bencana.

Untuk bantuan bencana kita tidak terfokus di kabupaten Pasaman Barat saja. Kita telah menyalurkan dana bantuan untuk masyarakat Palu, Lombok dan Selat Sunda. Begitu juga bantuan untuk ke luuar negeri seperti Palestina, Rohingya, Suriah," jelas dia.

"Konsekuensinya, hampir setiap hari ada saja masyarakat yang melaporkan temuan warga kurang mampu di kampung mereka yang butuh bantuan, terutama bantuan pengobatan.

Namun untuk bantuan biaya berobat, bedah rumah, dan modal usaha kita prioritaskan untuk daerah Pasaman Barat. Akan tetapi untuk bantuan bencana alam maupun bencana kemanusiaan, kita membantu secara menyeluruh," ungkap nya.

Selain dana ini digalang oleh Kolaborakasi DPD Pekar-IB Pasbar dan MRPB Peduli. Kita juga didukung oleh Laskar Mujahidin, Arisan Anak Yatim Terpadu (AAYT), PPS Bundo Kanduang, Ahsan dan World Human Care (WHC).

Kita juga berkerjasaman dengan Domput Dhuafa dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Namun untuk diketahui, seluruh kegiatan operasional baik didalam daerah dan luar daerah dibeban kan kepada pengurus dan relawan.

Kedepan kita akan meningkatkan kerjasama dengan WHC, untuk misi kemanusiaan diluar negeri khususnya di Bumi Syam dalam bentuk bantuan pangan, winter projec pengadaan bantuan bahan bakar selama musim dingin. Selain itu menjadi orang tua asuh bagi anak yatim paitu dibumi syam," tuturnya.

Untuk itu kami mengajak dan mengimbau para dermawan untuk ikut meringankan derita yang dialami saudara-saudara kita yang kurang mampu ini. Dengan mengirimkan infak/sedekah/zakat dan sumbangannya melalui Rekening BRI an. MRPB PEDULI dengan nomor rekening 0615-01-008410-53-1," ajaknya kemudian. (Sem)
 
Top