JACOM, PAYAKUMBUH--Kejuaraan Sepak Bola Liga Pelajar Indonesia (LPI) Tingkat SLTP dan SLTA Kota Payakumbuh,  Tahun 2016, Selasa (25/10) sore,  ditabuh,  setelah dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi,  bertempat di lapangan Porseba Subarang Batuang,   Payakumbuh Barat. Diikuti 27 tim SLTP dan SLTA, yang akan digelar hingga 12 November mendatang.
Acara pembukaan LPI itu yang ditandai dengan tendangan pertama oleh Walikota, selain disaksikan ratusan pelajar juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan H. Hasan Basri, Kepala Kantor Kemenag diwakili Joni Indra,  Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan,  Tafril Samri, Ketua PSSI Tri Venindra, Pengurus Koni Suardi, Kepala Sekolah SLTP dan  SLTA, Guru Olah Raga, Wasit, Lurah dan LPM Kelurahan Subarang Batuang
serta undangan lainnya.
Ketua Panitia Tafril Samri yang juga Kabid PNFI melaporkan Even sepakbola antar pelajar ini diikuti 15 tim SLTP dan 12 tim SLTA baik sekolah negeri maupun swasta di kota ini akan berlangsung hingga 12 Nopember 2016 mendatang. Untuk babak penyisihan mulai 25 – 30 Oktober dan dilanjutkan putaran kedua, 2 Nopember hingga final 12 Nopember 2016.
Ditambahkannya setiap hari dilaksanakan 2 kali pertandingan yaitu kick off pertama pukul 14.30 WIB dan kick off kedua pukul 16.30 WIB, kemudian tingkat  SLTA yang terbagi Empat Pool berlangsung di Lapangan Porseba Subarang Batung dan SLTP juga terbagi Empat pool berlangsung di Lapangan Talang Payakumbuh Barat, ujar Tafril.
Walikota Payakumbuh Riza Falepi ketika membuka LPI ini,  sangat mengapresiasi dilaksanakan kejuaraan antar pelajar ini, karena melalui iven yang cukup bergengsi ini akan dapat menyalurkan kapasitas anak-anak dengan kegiatan  positif yaitu akan dapat melatih mental bertanding tampil ditempat ramai yang tentunya akan berguna untuk masa depan, ujar Riza.
Diharapkan Walikota kepada pelajar peserta LPI agar memanfaatkan sarana ini  dengan  tetap menjaga spotifitas dan tanggung jawab, berkarakter bertandinglah dengan penuh semangat keluarkan kemampuan terbaiknya semoga akan menjadi pemain bola yang diharapkan sebagai pemain professional, simpul RIza.
Sementara itu Kadisdik Hasan Basri menyebutkan kegiatan LPI tersebut bersifat pendidikan sudah merupakan kalender rutin tiap tahun yang secara berjenjang mulai dari tingkat Kota hingga ke tingkat nasional dan didukung oleh dana APBD, oleh karenanya diharapkan kepada peserta LPI agar mengikuti dengan baik tetap menjunjung tinggi sportifitas dan jalin kerjasama tim kompak dalam bermain demi meraih prestasinya dan selamat bertanding, pungkasnya.
Usai pembukaan Walikota bersama Kadisdik serta ratusan penonton langsung menyaksikan pertandingan pembuka antara SMAN 2 Payakumbuh dengan MAN 2 Payakumbuh. Dalam pertandingan berlangsung seru itu kedua tim bermain saling menjual serangan kegawang lawan namun sampai pertandingan berakhir tidak satupun Gol tercipta meskipun banyaknya peluangan tercipta kedua tim namun skor tetap 0-0.
Berikut jadwal pertandingan hari ini Kamis (27/10) Pool D kick off pertama pukul 14.30 WIB antara  SMAN 5 Pyk melawan SMAN 3 pyk, kick off kedua pukul 19.30 WIB antara SMKN 4 pyk melawan SMAN 2 pyk di lapangan Porseba Subarang Batung dan di lapangan Talang juga akan berlangsung kick off pertama pukul 14.30 WIB antara SMPN 2 pyk dengan SMPN 7 pyk dan kic off kedua pukul 16.30 WIB antara SMPN 6 pyk dengan SMPN 10 pyk.
 
Top