JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan Pemerintah Kota Pariaman, lakukan penandatanganan Nota Kesepajatan kerja sama terkait Kemetrologian, sebab Kota Pariaman sudah diakui secara Nasional terkait Kemetrologian, acara tersebut di laksanakan di Aula Kantor Bupati setempat, pada Rabu (13/2).

Pada kesempatan tersebut, Walikota Pariaman, Genius Umar dan Bupati Pasbar, Yulianto meneken nota kerjasama disaksikan oleh kepala OPD kedua belah pihak serta pelaku UMKM.

Bupati Pasbar Yulianto, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Kota Pariaman sudah diakui secara Nasional, dalam tera ulang atau metrologi.

"Sementara Pasbar telah melakukan upaya-upaya seperti membentuk UPTD metrologi legal, menyiapkan tenaga ahli di bidang metrologi, melengkapi peralatan untuk tera, tera ulang, dan pengawasan". Ungkapnya.

Yulianto menambahkan, saat ini Pemerintah Daerah Pasbar telah mengajukan surat keterangan kemampuan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar timbang dan perlengkapan ke Dirjen Kemetrologian.

"Namun di sisi lain untuk mengisi kekosongan pelayanan dalam bidang Kemetrologian sebagai diamanatkan peraturan menteri perdagangan, nomor 115 tahun 2018 tentang unit metrologi legal dalam Pemerintahan Daerah belum mampu melakukannya secara mandiri dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kota lainnya." Tambahnya.

Potensi yang harus ditera ulang berdasarkan data yang ada sebanyak 101.508 timbangan yang terdiri dari timbangan di pasar 5.800 buah, SPBU 9 buah, PT 19 buah, peron 50 buah, dan lain lainnya 95.630 buah.

"Dalam kerjasama ini kami juga mengharapkan kiranya personil  atau tenaga ahli yang kami miliki dapat dilibatkan, sehingga terjadi transfer ilmu pengetahuan di bidang Kemetrologian,” jelas Yulianto.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar menyampaikan, bahwa kerjasama ini berdasarkan kepada kesadaran untuk membangun daerah secara bersama.

“Ini tidak hanya membangun Pasbar saja, tapi membangun Kota Pariaman juga,” kata Genius Umar.

Ia melanjutkan, kerjasama ini memang baru dalam bidang Kemetrologian, ke depanya akan dilakukan kerjasama di berbagai bidang.

“Infrastruktur, UMKM untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, bidang pariwisata yang bertujuan untuk maju bersama, maju Pasbar, maju Kota Pariaman,” tutupnya.

* Sofyan Harahap *
 
Top