"RSUD dan Puskesmas Buka 24 Jam"
JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Sejumlah personil dari berbagai OPD terkait dipersiapkan Pemkab Solsel menghadapi libur lebaran tahun ini. Termasuk kesiapan jajaran Dinas Kesehatan dalam rangka membantu masyarakat dan juga perantau dalam berlebaran di kampung halamannya.

"Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, RSUD Solok Selatan dan seluruh puskesmas di wilayah Solsel kita pastikan siap melayani selama 24 jam setiap harinya di libur lebaran tahun ini," terang Sekdakab Yulian Efi, didampingi Kadis Kesehatan Novirman di Padang Aro, Senin 27/5, usai mengadakan rapat evaluasi kesiapan menyambut lebaran.

Menurutnya, mulai 1 juni hingga 9 juni nanti, piket petugas kesehatan sudah disiagakan dan akan bertugas secara bergantian.

Sekda juga menjelaskan bahwa OPD-OPD lain juga diinstruksikan untuk memberikan pelayanan terbaik mereka sesuai dengan tugas pokok fungsi masing-masing, baik Dinas Perhubungan, Satpol PP Damkar, Dinas Pariwisata, BPBD, dan OPD Lainnya.

Ia menambahkan bahwa Dinas Perhubungan dan Satpol PP nantinya akan bergabung dengan pihak Kepolisian dan juga TNI pada 4 posko terpadu, yakni di Simpang Padang Aro, Taman Muara Labuh, Balun, dan Lubuk Malako, yang akan beroperasi dari tanggal 29 Mei hingga10 Juni mendatang.

"Sebanyak 85 orang personil Dinas Perhubungan dan 84 personil Satpol PP akan kita terjunkan pada posko-posko yang ada. Satpol PP nantinya juga ditugasi di beberapa obyek wisata yang ada," jelasnya merinci.

Terkait kebersihan dan kenyamanan obyek wisata, Sekda mewanti-wanti instansi terkait agar memperhatikan secara serius masalah kebersihan yang selalu menumpuk setiap lebarannya.

"Termasuk kita ingatkan dari sekarang agar jangan ada pungutan liar (pungli) di obyek wisata yang ada," ujarnya mengingatkan.

Menanggapi itu, Kadis Pariwisata Harry Trisna mengatakan bahwa mereka akan melakukan pengecekan setiap harinya khususnya obyek wisata Hot Water Boom (HWB), karna HWB yang langsung pengelolaannya dibawah pemkab.

" Obyek wisata lain juga akan tetap dipantau melalui tim yang akan dibentuk nantinya. Dan kita juga akan segera mengkoordinasikan dengan instansi yang menangani kebersihan," ujarnya menanggapi

Sementara itu untuk mengantisipasi terjadinya bencana, Plt Kepala BPBD, Putra Nusa, mengatakan bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan personil dan peralatannya yang akan disiagakan nantinya selama libur lebaran.

"Ada 21 personil yang sudah kita siapkan penugasannya serta beberapa alat yang kita siagakan untuk antisipasi bencana nantinya," jelasnya. (rilis humas/sudir)*.
 
Top