JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat)--BUPATI Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi kembali akan mengoleksi prestasi nasional. Baru saja meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK), danmendapatkan tanda Jasa Bakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Irfendi Arbi juga bakal menerima anugerah Kabupaten Layak Anak (KLA) Pratama tahun 2018.

Hal itu sesuai dengan surat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Republik Indonesia Nomor : B-940/KPP-PA/Dep.IV/TKA.01.02/07/2018 tanggal 17 Juli 2018, perihal : Penghargaan KLA Tahun 2018 yang ditandatangani Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak Lenny N. Rosalin
Anugerah bergengsi itu kemungkinan akan diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam acara Penganugerahan KLA Tahun 2018 di Dyandra Convention Center Kota Surabaya, Senin (23/7/2018).

Keterangan Kepala DPPKBP3A Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Yeni Elvi, S.St, penghargaan tersebut peroleh karena Irfendi Arbi dinilai telah menerapkan kebijakan pembangunan berbasis hak anak serta berkomitmen dalam pemenuhan hak-hak anak.

Pemenuhan hak anak atas hak hidup di daerah ini, tumbuh kembang secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi terhadap anak
“Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas dedikasi Bupati yang memiliki komitmen tinggi untuk mewujudkan kabupaten yang layak anak. Dengan adanya komitmen tersebut, berarti pemerintah daerah telah berusaha untuk melindungi generasi penerus di daerah ini,” tutur tutur Yeni Elvi di kantornya, Kamis (19/7/2018).

Sementara itu Irfendi Arbi yang dihubungi, mengaku sangat bersyukur akan memperoleh penghargaan tersebut. Ia berharap, penghargaan itu semakin memotivasi berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan hak-hak anak, serta lebih bersungguh-sungguh lagi dalam memenuhi apa yang menjadi hak-hak anak.

“Alhamdulillah, kita kembali bakal mendapatkan penghargaan KLA sesuai surat dari Kementerian KPP-PA yang disampaikan kepada saya, kemaren. Prestasi ini adalah hasil kerja keras berbagai pihak termasuk masyarakat Limapuluh Kota,” ungkap Irfendi.

Irfendi Arbi berharap, ke depan semua pihak termasuk masyarakat agar semakin memperkuat perannya dalam pelindungan anak dari tindakan kekerasan dan diskriminasi. Selain itu juga menjamin terpenuhinya hak anak sesuai harkat dan martabat manusia.

Sejumlah tokoh masyarakat mengapresi keberhasilan Bupati Irfendi Arbi mendapatkan penghargaan KLA dan sejumlah penghargaan lainnya itu. Mereka berharap Limapuluh Kota terus mengoleksi prestasi dan memposisikan diri sejajar dengan daerah maju lainnya.

“Luar biasa, bapak Irfendi Arbi akan menerima penghargaan lagi. Dengan begitu, berarti dalam beberapa hari terakhir ini sudah ada tiga penghargaan yang diraih Bupati Limapuluh Kota itu,” ungkap anggota DPRD Limapuluh Kota Darlius.
Darlius mengaku sangatmengapresiasi keberhasilan Bupati Irfendi Arbi yang memperoleh anugerah KLA. Ia berharap, penghargaan bergengsi itu mampu memotivasi berbagai elemen masyarakat di daerah ini untuk terus meningkatkan program pembangunan berbasis hak anak serta pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Limapuluh Kota ke depannya.

“Kita bangga dengan Bupati Irfendi Arbi yang telah berhasil secara berturut-turut merebut prestasi nasional dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan penghargaan KLA itu juga sudah beberapa kali di koleksinya,” ungkap anggota DPRD Limapuluh Kota Darlius.

Acungan jempol serupa juga disampaikan Wakil Ketua LKAAM yang juga Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota Z Dt. Rajo Mangkuto, M.Pd. Menyimak dukungan dan komimen Bupati Irfendi Arbi selama ini, ia menilai Bupati itu memang layak mendapatkan penghargaan tersebut.

“Luar biasa. Baru saja dianugerahi Penghargaan Manggala Karya Kencana dan tanda Jasa Bakti Koperasi, kini Bupati Irfendi Arbi kembali membawa pulang penghargaan KLA. Kita senang dan bangga Limapuluh Kota semakin terangkat di kancah nasional,” tutur anggota dewan dari wilayah pemilihan Kecamatan Kapur IX itu.

Terpisah mantan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Ismet Fauzi Dt. Mangkuto Bosa juga mengaku salut dengan Bupati Irfendi Arbi yang selama kepemimpinannya senantiasa memboyong prestasi nasional buat Limapuluh Kota.

“Hebat, Bupati Irfebdi Arbi kembali meraih penghargaan. Kita berharap, penghargaan KLA ini mampu lebih meningkatkan suasana daerah yang aman bagi anak, serta membuat anak menjadi lebih bahagia dan sejahtera,” ucap Ismet fauzi yang juga ketua Bidang Sako jo Pusoko LKAAM Provinsi Sumatera Barat. (gun)

 
Top