JA.com, PADANG (Sumatera Barat)---Tim Cegah Api  datang kembali untuk melancarkan aksi mereka, setelah sukses mencegah dan memadamkan api pada tahun 2016 lalu di Riau. Tahun ini mereka mengidentifikasi banyaknya titik api di sekitar lanskap Sungai Puteri, Ketapang, Kalimantan Barat yang  merupakan kawasan ekosistem gambut dalam dan juga sebagai habitat penting Orangutan Kalimantan.

Pada tahun 2015, beberapa lokasi di sekitar  lanskap ini  pernah  terbakar karena kelalaian dan praktik buruk industri sawit yang merusak gambut  dengan cara membuat kanal-kanal pengeringan, sehingga gambut mudah terbakar.

Setelah dibekali dengan pelatihan, bersama tim Manggala Agni dan warga setempat pada minggu ini , Tim Cegah Api dengan koordinasi Manggala agni telah melakukan pemadaman pada kawasan yang terbakar terletak berdekatan dengan lanskap Sungai Puteri di Dusun Sungai Sirih, Desa Sungai Besar, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.
\
:"Mari kita dukung upaya Tim Cegah Api untuk  mencegah dan memadamkan api dengan menyuarakan perlindungan total hutan dan lahan gambut Indonesia."ungkap Asep Juru Kampanye Hutan (19/092017)..

Tambahnya, kebakaran hutan yang telah terjadi selama puluhan tahun semestinya dapat dihentikan dengan kemauan dan keseriusan yang kuat dari semua pihak, utamanya para perusahaan pemilik konsesi, tidak terkecuali pemerintah."tutupnya.(rls)


 
Top