JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Perayaan khatam Al Qur'an merupakan salah satu bentuk ikhtiar umat Islam dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus untuk terus mensyiarkan agama Islam di tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menghadiri perayaan Khatam Al Qur'an di masjid Masjid Taqwa Koto Tuo Nagari Salimpaung kecamatan Salimpaung, Minggu (07/07/24).

Menurutnya, perayaan khatam Al Qur'an merupakan salah satu tradisi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Khatam bukan berarti tamat membacanya, namun menjadi momentum untuk memahami lebih lagi apa yang telah dibaca untuk di maknai dalam kehidupan sehari-hari.

"Kepada anak-anak bapak yang khatam hari ini diucapkan selamat, khatam Al Qur'an bukan berarti anak-anakku berhenti membaca Al Qur'an namun jadilah generasi yang pencinta Al Qur'an sampai dewasa nanti, Insyaallah apa yang dicita-citakan dan yang dibanggakan orang tua akan dikabulkan oleh Allah SWT," katanya.

Dikatakan, selain fokus di bidang keagamaan pemerintah daerah juga di bidang kesehatan yaitu program berobat gratis.

"Program berobat gratis ini untuk masyarakat Tanah Datar yang sakit tidak mempunyai uang tidak mempunyai BPJS itu kami akan menanggung biaya berobatnya di RSUD M Ali Hanafiah Batusangkar bahkan dirujuk ke rumah sakit lain yang di tentukan oleh dokter di Batusangkar," ujarnya.

Bupati juga ungkapkan salah satu warga sini Jorong Koto Tuo Nagari Salimpaung yang telah memanfaatkan program tersebut, yaitu Saudari Nadia yang tidak memiliki BPJS dan tidak ada biaya.

"Alhamdulillah kami mendapat laporan dari walinagari langsung di lakukan pengobatan ke RSUD M Ali Hanafiah Batusangkar yang akhirnya di rujuk ke salah satu rumah sakit di Kota Padang, alhamdulillah sembuh, semua biaya di tanggung pemerintah daerah," sampainya.

Lebih lanjut, Bupati Eka juga sampaikan khusus untuk kecamatan Salimpaung pemerintah daerah telah menganggarkan untuk perbaikan jalan kabupaten di nagari Salimpaung yang saat ini sedang proses kontrak dan jalan kabupaten yang dari pasar Tabek Patah menuju Lawang Mandahiling, Supayang, Situmbuk, Sumanik sampai Simpang Sungai Tarab sebesar 9 Milyar rupiah yang saat ini dalam pengerjaan.

"Kalau jalan raya dari Sungai Tarab menuju Baso dan Piladang itu jalan kewenangan pemerintah propinsi, bukan wewenang Kabupaten, kita sudah usulkan kepada propinsi untuk perbaikan," tegas Bupati.

Dikesempatan tersebut Bupati juga sampaikan ucapan selamat kepada anak-anak peserta khatam semoga melalui khatam Al Qur'an akan lebih mendekatkan diri kepada Allah dan awal untuk meningkatkan menjadi akan hafiz dan hafizhah nantinya.

Sebelumnya Ketua Panitia khatam Syamsuar Sutan Sinaro menyampaikan khatam tahun ini merupakan yang ke 12 sebanyak 34 santri dengan kegiatan diawali dengan pawai ta'aruf, mengaji dan syukuran.

Sementara Nadia penerima program berobat gratus menyampaikan terima kasih kepada Bupati Eka Putra.

"Berkat bantuan bapak dan jajaran saya bisa berobat dan alhamdulillah sembuh, dengan biaya lebih dari 10 juta rupiah, terima kasih pak," sampainya.

Turut hadir dikesempatan tersebut  Bupati periode 2005-2015  M.Shadiq Pasadiqoe, Kadis Dikbud Tanah Datar, Camat, Wali Nagari,Ketua KAN dan Ketua BPRN Nagari Salimpaung, ustadz ustadzah,wali murid dan santriwan santriwati setempat. (MG)
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post
 
Top