JA.com, PADANG (Sumbar)- Kekacauan dalam rumah tangga tidak jarang memicu timbulnya perubahan perilaku anak. Mereka bisa terjerumus menjadi pemakai narkoba, pergaulan bebas, pelaku tawuran serta berperilaku negatif lainnya.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota Padang H. Emzalmi dalam kunjungan Safari Ramadhan di Masjid Al Amin, Korong Gadang Kuranji, Sabtu (3/6/2017) malam.

"Anak dari keluarga 'brooken home' cenderung mengalami perubahan perilaku. Mereka mencoba mencari pelarian sehingga terjerumus jadi pemakai narkoba, " kata Emzalmi yang juga Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Padang.

Lebih lanjut Wawako Emzalmi mengingatkan agar setiap keluarga menjaga keharmonisan dalam rumah tangga supaya anak-anak tidak menjadi korban.

"Jaga keharmonisan rumah tangga guna menyelamatkan anak-anak yang merupakan generasi bangsa, " ujar Emzalmi.

Senada, Ketua MUI Padang Prof. Dr. Duski Samad dalam ceramahnya pada kesempatan itu mengatakan perlunya memahami 8 fungsi keluarga.

Dijelaskan, 8 fungsi keluarga yaitu;
1. Fungsi agama
2. Fungsi sosial
3. Fungsi cinta kasih
4. Fungsi perlindungan
5. Fungsi ekonomi
6. Fungsi pendidikan
7. Fungsi pelestarian lingkungan
8. Fungsi reproduksi
"Pemahaman terhadap fungsi keluarga dan berupaya melengkapinya niscaya akan mewujudkan keluarga yang harmonis seperti yang diharapkan, " tukuk Duski
 
Top