JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Sedikitnya, 21 club sepak bola se Kabupaten Tanah Datar akan berkompetesi pada ajang Tanah Datar Super League (SL) U-15 dan U-17 Tahun 2023, yang di Louching secara langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM di Gazebo Indojolito Batusangkar, Minggu (3/9/2023).

Hadir di kesempatan tersebut anggota DPRD kabupaten Tanah Datar Hendria, Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Sekretaris Dinas Parpora Afrizal,, Ketua KONI Tanah Datar Novitra Kemala, Plt Askab PSSI Tanah Datar Erwin,
Owner NCH Farm Rafki Nofiardi, Ketua club peserta liga 3 Tanah Datar, Ketua SSB dan puluhan club peserta Tanah Datar SL U-15 dan U-17.

"Melalui kompetisi ini, juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit atlet yang bisa diasah untuk menjadi pesepakbola profesional dan tentunya menjadi pesepakbola yang berprestasi dan dapat melahirkan para atlet-atlet yang hebat dengan skill yang bagus," kata Bupati Eka Putra.

Ia berharap kepada seluruh peserta nantinya bisa bertanding dengan jujur, penuh kehormatan, sportif dan tetap jaga keamanan dan kenyamanan, sehingga setiap pertandingan nanti bisa berjalan dengan lancar tertib dan aman.

"Saya berharap kejuaraan ini dapat menjadi wadah menambah teman dan pengalaman, bukan sarana menambah lawan dan musuh yang menyebabkan tawuran dan perkelahian serta menjauhkan pemuda kita dari kegiatan-kegiatan negatif (tidak terjebak dalam lingkaran narkoba maupun pergaulan bebas)," harapnya.

Senada, Plt Ketua Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Tanah Datar Erwin sangat berterima kasih kepada apa yang telah dikerjakan oleh pemerhati dan pelaku sepak bola untuk memajukan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat di Tanah Datar ini.

"Sampai saat ini di Kabupaten Tanah Datar baru tiga club yang terdaftar di PSSI untuk berkompetisi yaitu PSBS, PS Gumarang dan GMR  Salimpaung. Kami berharap, melalui kompetisi Tanah Datar Super League (SL) U-15 dan U-17 ini nantinya bisa memperkuat tiga club unggulan Tanah Datar tersebut," katanya.

Erwin juga berpesan kepada seluruh peserta Super League, agar selama bertanding jangan sekali-kali ada yang bikin kerusuhan, membantah apapun keputusan wasit dan jangan terpancing dengan kata-kata orang yang berada di pinggir lapangan.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Pitondri dalam laporannya menyampaikan bahwa kompetensi Tanah Datar Super League U-15 dan U-17 ini akan diikuti sebanyak 21 club dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi dan mencari bibit baru untuk pemain sepakbola se Tanah Datar.

Selain itu, tambah Pitondri, tujuan lainnya adalah agar anak usia dini dan usia muda mempunyai kegiatan yang positif pada hari libur sekolahnya, sehingga tidak terkontaminasi kegiatan negatif.

"Pertandingan akan dilaksanakan setiap hari Minggu, mulai dari bulan September 2023 sampai Desember 2023 yang diikuti sebanyak 460 sampai 500 orang anak sehingga nantinya tentu akan meminimalisir kegiatan anak muda ke arah yang negatif," ungkapnya. (MG)
 
Top