JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wabup Tanah Datar Richi Aprian mengatakan, nagari Barulak, kecamatan Tanjuang Baru merupakan nagari terdepan Tanah Datar. Betapa tidak, nagari itu berbatasan langsung dengan kabupaten Agam dan Limapuluh Kota.

Itulah sebabnya Program Unggul (Progul) yang diberi nama Pimpinan Daerah Berkantor Sehari di nagari atau disingkat Berseri di nagari itu, kemarin Jumat (8/4-2022) dimulai dan nagari pertama yang dipilih adalah nagari Barulak kecamatan Tanjuang Baru.

"Kehadiran kami untuk berkantor di nagari ini bukan sekedar bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat, namun kita disini juga akan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di nagari. Selain itu, kita juga akan memetakan potensi di tiap-tiap nagari sehingga keputusan yang akan diambil nantinya tepat sasaran," kata Richi.

Dikatakan, tidak hanya dengan 10 program unggulannya yang telah tertuang didalam RPJMD Kabupaten Tanah Datar, kali ini untuk meningkatkan kinerja dan juga untuk menyerap aspirasi masyarakat program kegiatan baru juga telah dilahirkan, yaitu Berseri.

"Kegiatan Berseri diawali dengan apel bersama dengan OPD terkait, pegawai kecamatan serta kantor Wali Nagari setempat. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Briefing staf. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan dialog bersama masyarakat dan diakhiri dengan tinjauan langsung ke lapangan," jelasnya.


Benar saja apa yang disampaikan oleh Wabup Richi disaat kegiatan dialog dengan masyarakat semuanya terbukti, banyak pertanyaan dan juga saran serta informasi yang disampaikan langsung oleh masyarakat.

Lebih lanjut, tinjauan ke lapangan, yang dikunjungi diantaranya Bumnag Wahana Karya Mandiri nagari Barulak, kawasan agro wisata Boncah Raya, embung Pincuran Siboji, saluran irigasi/tali banda dan yang terakhir batas wilayah antara kabupaten Tanah Datar dengan kabupaten Limapuluh Kota.

Pada kesempatan itu, juga tampak hadir Camat Tanjung Baru Riky Aprizaldi beserta Forkompimca, wali nagari se-kecamatan Tanjuang Baru, Ketua KAN, BPRN, niniak mamak, dan tokoh masyarakat seperti anggota DPRD Tanah Datar Zulli Rustam, IR. Dt Paduko Sinaro, Jamil Bari Djambek.(MG)
 
Top