JA.com, PADANG (Sumatera Barat)--Wisuda akademik ke-68 ini Universitas Bung Hatta (UBH) sebanyak 1176 orang wisudawan, yang mana UBH saat ini masuk posisi ke-71 dalam katagori 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

Hal ini berdasarkan hasil pemeringkatan pengelompokkan/klasterisasi perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti Republik Indonesia Tahun 2017 yang diumumkan pada 21 Agustus 2017.

Disampaikan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A.saat memberikan pidato pembukaan Wisuda Akademik ke-68 Universitas Bung Hatta di Kampus Proklamator I, Sabtu (26/08/2017).

Tambahnya, Universitas Bung Hatta juga menjadi perguruan tinggi swasta terbaik pertama di pulau Sumatera dan tingkat Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, Kepulauan Riau). 

Saat Ini Universitas Bung hatta memiliki 31 Prodi yang telah terakrediatasi AIPT B. Prodi terbaru adalah Prodi Penjaskesrek yang baru kita kantongi izinnya pada tanggal 17 Agustus 2017, bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-72.

“Pengembangan Universitas Bung Hatta empat tahun ke depan, harus meletakkan skala prioritas agar prodi-prodi unggulan memperoleh akreditasi A dari BAN PT dan apabila minimal 30 % prodi sudah mendapat akreditasi A, langkah selanjutnya kita akan meninggatkan akreditasi Institusi A pada tahun 2021,” sebutnya.

Unversitas masa kini dan masa depan harus dikelola dengan pendekatan coorporate mangement. Produk Universitas Bung Hatta adalah the best services atau servis prima. Tujuannya hanya satu yaitu memauaskan pelanggannya yakni para mahasiswa, para orang tua, pemerintah daerah dan semua pihak yang membutuhkan layanan dari Universitas Bung Hatta.

“Sampai tahun 2021 kita menargetkan 50% dosen tetap Universitas Bung Hatta berkualifikasi Doktor (S3), terwujudnya 15% dosen Universitas Bung Hatta berjabatan guru besar/profesor, meningkatnya 15% publiksi terindeks Scopus, terwujudnya 45% program studi yang terakretasi A hingga Universitas Bung Hatta terakreditasi A pada tahun 2021,” jelasnya.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc mengucapkan selamat kepada wisudawan dan keluarga. Usaha ini para wisudawan ini sudah membuahkan hasil dengan diperolehnya gelar akademik baik magister, sarjana dan ahli madya. Dukungan dan peran serta alumni sangat penting dalam perkembangan suatu perguruan tinggi termasuk di Unibersitas Bung Hatta. Sudah ribuan alumni yang telah dilahirkan oleh Universitas Bung Hatta ini, hendaknya dapat membuat program yang bersinergi untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan bersaing di dunia kerja.

“Kedepannya Universitas Bung Hatta dapat terus meningkatkan prestasi secara internasinalnya. Akreditasi program studinya ditingkatkan dari B ke akreditasi A sesuai dengan program universitas. Melahirkan mahasiswa dan lulusan yang berkompetisi secara internasional dengan meningkatkan kemampuan bahasa asingnya,” tuturnya.

Diusia yang ke-36 ini UBH mewisuda terdiri dari 69 magister, 1068 sarjana, dan 43 ahli madya. Wisudawan terbaik program sarjana tingkat Universitas adalah Urip Trio Armi lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,93 Predikat lulus dengan pujian. Sementara lulusan terbaik pada Program Magister (S2) adalah Susi Endrita dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,96 predikat lulus dengan pujian.Eli
 
Top