JA.com, PADANG (Sumatera Barat)--Diikuti 218 anggota pramuka penegak dari siswa dan siswi kota padang yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Pramuka binaan Korem 032/Wbr tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi perkemahan Pramuka Lemdadika padang besi kelurahan Indarung kota Padang Sumbar.  

Kegiatan ini bertemakan “TNI-AD melalui pembinaan Pramuka saka wira kartika tahun 2017 di jajaran nya ikut serta membina dan membentuk genarasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat kebhinekaan tunggal ika-an guna menjaga keutuhan NKRI”.

Peserta perkemahan bhakti saka wira kartika di ikuti dari 12 sekolah tingkat SMA se-Kota Padang yang meliputi, SWK Makorem 032 Wirabraja sebanyak 20 orang, SWK Kodim 0312 Padang 20 orang, SMA Kartika 16 orang, SMK 1-2 Kartika 20 orang, SMK 1-5 kartika 16 orang, SMA Taruna 40 orang, MAN 3 padang 16 orang, SMAN 4 padang 16 orang, SMA Bunda 10 orang, SMK Semen padang 8 orang, SMK N 4 padang 16 orang dan SMK N 9 Padang 20 orang.

Kegiatan perkemahan di buka langsung Danrem melalui Kasi Ter Korem 032/Wbr Kol inf Asep Supandi, Pasi Bin Wanwil Ster  Korem 032/Wbr Mayor Inf Yondri Nova dan Pasi Ter Kodim 0312/Padang Kapten Inf Septianis beserta 40 orang panitia dan pelatih. Minggu (20/5).

Ia mengatakan, Satuan bhakti saka Wira Kartika ini bagian integral dari Gerakan Pramuka dan jajaran Kwartir Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan ketrampilan dan pengalaman Pramuka.

Semua itu, ungkap Asep Supandi adalah tergabung dalam Penegak berbagai bidang kejuruan/teknologi, serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Tambahnya, Kegiatan perkemahan ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi  muda bangsa Indonesia berkepribadian, beraklak mulia, disiplin, terampil dan memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke Bhinekaan Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara. 

Dikatakan, kegiatan perkemahan peserta akan diberikan berbagai pembekalan dan bimbingan untuk dapat mengiplementasikan sendi-sendi kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara diantaranya, peningkatan nilai-nilai kebangsaan, pengenalan saka wira kartika, Navigasi darat, Survival, Mountenering, Pionir, Penanggulangan Bencana alam, ketrampilan memanah dan kegiatan api unggun.
Pembekalan yang diberikan kepada peserta pramuka pada dasarnya untuk, mendorong peran aktif generasi muda agar mampu berkiprah dalam segala aspek bidang kehidupan.” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan perkemahan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda, dimana ilmu tersebut dapat memberikan pengetahuan tentang disiplin, sosial kemasyarakatan dan juga bela negara bagiu generasi muda khususnya yang tergabung dalam gerakan pramuka.*micke



 
Top