JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra mengajak insan pers untuk senantiasa menjunjung tinggi objektifitas dan profesionalisme, serta menghindari berita bohong alias hoaks.

"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat menunaikan amanah organisasi, semoga apa yang telah menjadi program kerja bisa direalisasikan dengan baik. Kemitraan yang telah terjalin dengan mantap selama ini dengan pemerintah daerah kita tingkatkan lagi di masa mendatang," kata Bupati Eka, Kamis (14/7-2022), kemarin di Gazebo Komplek Gedung Indojolito Batusangkar.

Hal Itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya saat pelantikan pelantikan Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Datar Periode 2022-2025. Bersamaan dengan kegiatan itu, juga dilantik pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Tanah Datar periode yang sama dengan pengurus PWI.

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Daar Hardijono Sidayat, Komandan Kodim 0307/TD Letkol CZI Sutrisno, Asisten I Setda Elizar, Kepala Dinas Kominfo Yusrizal, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Erizal Ramli, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dedi Tri Widono, ketua-ketua organisasi pers, ormas, kepemudaan, dan para undangan lainnya.

"Semoga PWI menjadi pelopor dalam membangun pers santun, berwibawa, dan berkomitmen dalam usaha-usaha peningkatan kesejahteraan rakyat. PWI diharap menjadi inisiator dan berkolaborasi dengan organisasi wartawan lainnya, sehingga terbangun kebersamaan dalam mewujudkan pers jujur dan bermartabat untuk kemajuan Tanah Datar," sebut Eka.

Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat H. Heranof Firdaus dalam amanat pelantikannya menegaskan, pengurus yang dilantik harus mampu menjaga amanah dengan baik, sehingga tidak ada perpecahan lagi di kalangan internal, serta memperkuat jalinan kerjasama dengan insan pers lainnya. Organisasi boleh berbeda, tegasnya, tetapi profesi tetap sama, yakni wartawan.

"Proses pemilihan pengurus melalui Konferensi Kabupaten (Konferkab) hingga pelantikan saat ini, Tanah Datar menjadi yang terdepan. Prosesnya belangsung cepat dan tepat waktu. Semoga ini menjadi petanda baik untuk kemajuan PWI Tanah Datar di masa yang akan datang," kata Heranof.

Adapun Ketua PWI Tanah Datar yang baru dilantik Yuldaveri, dalam pidato perdananya menyatakan, tugas berat sudah menanti yang memerlukan kebersamaan dan kerjasama semua pihak, diantaranya mencetak wartawan profesional melalui berbagai pelatihan, memperbanyak kegiatan, meningkatkan profesionalisme anggota melalui Karya Latihan Wartawan (KLW), kursus-kursus, UKW, dan pelatihan jurnalistik lainnya.

Pekerjaan rumah yang paling mendesak, sebutnya, mempersiapkan atlet untuk mengikuti Porwanas pada November nanti di Malang, Jawa Timur. Empat atlet PWI Tanah Datar lolos  seleksi untuk porwanas itu mewakili Sumbar, yaitu Muhammad Syukur, Yuldaveri, Feri Maulana dan Chandra Antoni.

Terkait dengan pengurus PWI Kabupaten Tanah Datar Periode 2022-2025 yang dilantik, Sekretaris PWI Provinsi Sumbar Widya Navies menyebut, komposisi pesonalia pengurus ditetapkan melalui Surat Keputusan Nomor 061/PWI-SB/07-2022 tanggal 14 Juli 2022, terdiri dari Ketua Yuldaveri, Sekretaris Musriadi Musanif, dan Bendahara Destia Sastra dan sebagai Dewan Penasihat adalah St. Syahril Amga, H. Bakhtiar Danau, dan Zulkarnaini. (MG)
 
Top