JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) -Pemerintah Kabupaten Pasbar akan mengaktifkan kembali kegiatan keagamaan di Masjid Agung setelah beberapa waktu sempat ditutup karena proses renovasi dan pembangunan. Rencananya masjid tersebut dalam beberapa minggu kedepan akan berjalan seperti biasa kembali.

Hal tersebut dinyatakan Bupati Pasbar Yulianto melalui Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setia Bakti Jumat (6/3), menyampaikan bahwa masjid kebanggaan masyarakat Pasbar tersebut akan kembali mengaktifkan berbagai kegiatan keagamaan, seperti sholat wajib, sholat Jumat, belajar mengaji dan kegiatan keagamaan lainnya.

"Namun, sebelum kita aktifkan kegiatan keagamaan. Kita uji coba dulu untuk beberapa hari, seperti air, listrik serta alat pengeras suara,"papar Setia Bakti.

Ia melanjutkan, walaupun kegiatan keagamaan sudah berjalan nantinya. Proses pembangunan tetap dilanjutkan. Apalagi, ke depan kegiatan keagamaan menyambut bulan suci Ramadhan tentu lebih banyak lagi.

"Pada prinsipnya pemerintah daerah, pengurus masjid dan segenap stakeholder holder terkait memantapkan hati untuk mengaktifkan kembali kegiatan keagamaan. Seyogyanya Pemerintah Daerah tidak ada niat untuk menutup kegiatan masjid tersebut. Namun, dengan pengerjaan pembangunan masjid yang bertujuan agar tempat ibadah kita semakin indah, semakin cantik dan mendatangkan kekhusukan dalam beribadah,"papar Setia Bakti.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, masyarakat kita sudah rindu untuk beribadah di sana. Kita paham itu, saya sendiri saja rindu untuk sholat Jumat di sana. Kepada seluruh lapisan masyarakat, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat, meminta maaf jika selama ini Masjid Agung tersebut terpaksa kita tutup sementara waktu. Yakinlah kita semua, niatnya untuk perbaikan masjid untuk lebih baik kedepannya.

"Sebelumnya kita telah menerima surat dari Aliansi Masyarakat Bersatu (AMB) Pasaman Barat, terkait kelanjutan pembangunan dan penggunaan kembali Mesjid, ini merupakan suatu saran dan masukan yang baik tentunya." Tutup Setia Bakti.

* Sofyan H *
 
Top