JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan wabah COVID-19 Pasbar ,segera lakukan tes swab kepada lima orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pada Sabtu (11/4).

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas, dr. Gina Alecia mengatakan kelima pasien sebelumnya  telah dilakukan rapid test (tes cepat) dan hasilnya negatif. Dan akan diperiksa lagi dengan rapid test ke-2 setelah 10.

"kita sudah punya alat untuk tes swab maka segera melakukan tes ulang terhadap kelima pasien," kata dr. Gina Alecia.

Lebih lanjut sebutnya, empat orang dari PDP saat ini dirawat di Rsud Jambak, dan satu orang melakukan isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan ketat dari pihak medis.

"Jika gejalanya masih ringan maka pasien bisa isolasi di rumah," sebutnya.

Informasi lain yang sampaikanya ialah hingga saat ini laporan perkembangan penangan Covid-19 di Pasbar, Sabtu (11/4) total Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 134 orang. 26 orang sudah selesai pemantauan dalam kondisi sehat dan 108 orang dalam pemantauan.

Sedangkan PDP sebanyak lima orang, pelaku perjalanan 4.684 orang. Kasus positif belum ada dan khusus terhadap pelaku perjalanan pihaknya bersama Puskesmas dan lintas sektor berupaya untuk terus memantau agar dapat melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari.

"Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh dengan berita yang tidak jelas di tengah-tengah masyarakat. Serta jaga kebersihan diri dan lingkungan dan sering cuci tangan, pakai masker dan minum vitamin serta makanan bergizi," tutup Gina Alecia.


* Sofyan H *
 
Top