JA.com. Limapuluh Kota (Sumatera Barat)--Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi didampingi Ketua TP PKK Monalisa Irfendi Arbi menyerahkan bantuan kepada para korban kebakaran di Jorong Simpang Abu, Kenagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka dan di Jorong Kuranji, Kenagarian Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Minggu (18/11).

Ia berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban untuk keperluan mendesak seperti buat membeli kebutuhan material bangunan.

"Kita sangat prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi di Jorong Simpang Abu dan di Jorong Kuranji.  Kita berharao agar keluarga kita yang terkena musibah itu bersabar dan ikhlas menerima cobaan ini,"ujar bupati seraya memberikan bantuan.

Bantuan yang diberikan berupa dana tunai, bahan makanan, selimut, peralatan sekolah anak-anak, dan kebutuhan lainnya. “Saya sangat merasakan apa yang dirasakan bapak dan ibu semua yang terkena musibah,” ujar Bupati, di hadapan para korban kebakaran.

Dalam peristiwa amukan sijago merah di Simpang Kapuak itu sedikitnya 11 rumah penduduk rata dengan tanah, pada Selasa (13/11/2018) malam sekira pukul 23.15 WIB.  Akibat kebakaran tersebut, puluhan KK dilaporkan kehilangan tempat tinggalnya.

Bupati meminta para korban bersabar atas musibah yang dialami, dan semoga bisa cepat kembali membangun rumahnya. Ia juga mengharapkan bantuan dari masyarakat untuk "saciok bak ayam dan sadanciang bak batu" dalam membangun rumah para korban serta
Irfendi juga berterima kasih Pada bergotong royong membersihkan puing2 kebakaran.

“Mari kita bergotong royong, membangun kembali rumah-rumah saudara kita yang terkena musibah ini," ajak Irfendi.

Ia juga menghimbau pihak terkait, BPBD dan lainnya  agar ikut membantu warga membangun kembali rumah mereka. "Dengan demikian saudara-saudara kita yang kehilangan tempat tinggal bisa segera menempati rumahnya kembali,"ungkapnya.

Irfendi juga mengingatkan agar, masyarakat yang ada di kabupaten itu, untuk tetap waspada terhadap bencana dan musibah- musibah lainnya. "Saya minta kepada masyarakat berhati-hati soal bencana kebakaran, mari kita tetap waspada agar kita semua selamat,"pungkasnya.

Sebelumnya, Irfendi juga memberikan bantuan kepada korban kebakaran lainnya, di  Jorong Kuranji, Kenagarian Nagari Guguak VIII Koto, kecamatan Guguk. Dikesempatan itu, pihaknya bersama warga juga mengegelar gotong royong membangun kemabali rumah, Yeni yang ikut kebakaran beberapa hari lalu.

Sementara itu Wali Nagari Simpang Kapuak yang juga korban kebakaran berterima kasih sekali kepada pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi yang sangat peduli dengan masyarakatnya. A. Dt sati juga mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat membantu kebutuhan korban kebakaran, sehingga masyarakat kita tersebut dapat kembali menepati rumahnya.

Ikut hadir dalam keaempatan itu Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir, Kadis Sosial, Harmen, kepala-kepala OPD dan ASN lainnya.

Bantuan yang diserahkan tersebut senilai Rp 56 juta bagi para korban kebakaran di Simpang Kapuak dan sebanyak Rp. 5 juta untuk korban kebakaran di Kuranji Guguak. (gun)

 
Top