JA.com, Pesisir Selatan (Sumatera Barat)-- Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Selatan, dirikan Kampung Siaga Bencana (KSB) di empat Kecamatan yang rawan dan kerab terjadi bencana.

"Agar masyarakat di daerahnya bisa mandiri dalam menghadapi bencana. Ketika terjadi bencana masyarakat kita telah siap untuk mengevakuasi dirinya dan cepat tanggap serta langka-langkah apa yang akan dilakukan saat terjadi bencana,"sebut Kepala Dinas Sosial Emirda Sismawati, Selasa (4/12/2018).

Menurutnya, langkah mendirikan kampung siaga bencana di daerah tersebut, berhasil membawa dampak positif bagi masyarakat. Sehingga apabila terjadi bencana masyarakat telah siap mengadapinya dengan tidak panik.

"Sebelumnya kampung siaga bencana telah berdiri di tiga kecamatan di Pessel diantaranya, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Bayang Utara, dan Batangkapeh yang telah kita resmikan dari tiga kampung di kecamatan itu. Mereka pun telah siap menghadapi bencana"jelasnya

Lanjutnya, dari tiga kecamatan yang telah memiliki kampung siaga bencana tersebut, sudah bisa menjadi lumbung sosial apabila terjadi bencana seperti langsung memberikan bantuan logistik. Seperti, Dapur umum pasokkan makanan, selimut dan yang dibutuhkan ketika bencana.

"Karena kita hanya dapat tiga kecamatan dari Kementerian Sosial, untuk tahun depan kita akan mengupayakan lagi ke Provinsi menambah satu lagi di Kecamatan Lengayang. Sebab kecamatan ini sangat sering terjadinya banjir, ini sangat perlu kita dirikan,"tutupnya (rio).
 
Top