JA.com, Pesisir Selatan (Sumatera Barat)--Adanya oknum terlibat praktik ilegal logging, membuat Bupati Hendrajoni jadi geram. Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung lokasi dan melihat dampaknya. Sehingga banjir terjadi di kampung koto baru, kenagarian Kambang, kecamatan Lengayang kabupaten Pesisir Selatan. Senin (3/12/2018).

"Saya mendapat laporan dari masyarakat, kemaren ada yang tertangkap dan kayunya sangat banyak, tapi saya dihubungi melalui handphone dari salah seorang pejabat untuk dilepaskan." sebut Bupati.

Sementara itu Hendrajoni sudah mengantongi nama pejabat pembeking kegiatan ilegal logging tersebut dan berharap kepada pihak kepolisian segera menindak pelaku praktek ilegal logging serta siapa yang jadi pembekingnya.

Ia meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan pengawasan terhadap pelaku kegiatan ilegal logging. Dan jangan segan-segan untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib. Dengan maraknya aktivitas pembalakan liar menjadi faktor utama terjadinya banjir mengakibatkan meluapnya air sungai batang Lengayang.

Kapolsek Lengayang melalui Waka Polsek Ipda A Deri Jambak mengatakan," pihaknya sudah melakukan penindakan di lokasi, karena keterbatasan personil lalu memerintahkan anggotanya untuk mundur." jelasnya.

"Untuk melakukan penindakan seperti kegiatan ilegal logging ini seharusnya melibatkan tim gabungan TNI, Polri, Muspida dan Muspika, sebab ini harus ada unsur dari pemerintah daerah untuk mengawasi dan menindak pelaku ilegal logging tersebut"katanya.(rio)
 
Top